DJKI Siap Capai Target Kinerja dengan Terus Meningkatkan Pelayanan Prima

Bandung - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar pelatihan pelayanan prima untuk pegawai di lingkungan DJKI guna memberikan kualitas pelayanan publik dan mencapai target kinerja.

Pada pelatihan yang digelar pada tanggal 20 s.d. 23 April 2021 di Grand Mercure Hotel Bandung ini, terdapat 3 (tiga) kelas di antaranya komunikasi interpersonal, pembekalan materi pelayanan prima serta dilanjutkan dengan simulasi pelayanan prima, analisa masalah serta diskusi kelompok.

Materi komunikasi interpersonal yang disuguhkan merupakan pola berkomunikasi yang terjalin antara dua orang atau lebih secara tatap muka serta pembekalan materi pelayanan prima bertujuan untuk memberikan pegawai DJKI pengetahuan untuk dapat bersikap lebih profesional.



Tidak hanya itu, Koordinator Kepegawaian Dian Nurfitri juga menjelaskan bahwa etika dasar pelayanan adalah sikap sopan, hormat, sikap penuh perhatian, suka membantu, tenggang rasa, bersahabat serta mampu menguasai diri dan mengendalikan emosi.

“Kita harus menjadi yang profesional dengan menanamkan tata nilai PASTI yaitu Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif sehingga setiap orang harus memiliki integritas yang tinggi kepada negara, serta memiliki etos kerja yang baik,” ujar Dian saat membacakan sambutan Sekretaris DJKI pada Kamis, 21 April 2022. 

Oleh karena itu, Dian berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini pegawai DJKI dapat melakukan tanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan untuk terus memberikan kemudahan kepada masyarakat. 

“Dalam memberikan pelayanan prima kita harus memperhatikan sikap dalam humble atau ramah, menunjukan rasa saling memiliki, serta berjiwa besar,” tuturnya.

Selanjutnya, diharapkan setelah mengikuti pelatihan pelayanan prima, pegawai DJKI dapat menguasai teknik dalam memahami kebutuhan masyarakat dan memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pemohon Kekayaan Intelektual.

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk dijadikan refleksi agar seluruh pegawai di lingkungan DJKI senantiasa bahu membahu, bersatu padu, bekerja sama, serta memberikan yang terbaik guna meningkatkan pengabdian kita demi kemajuan DJKI menjadi ‘’World Class IP Office,’’ pungkas Dian. (CAN/KAD)


LIPUTAN TERKAIT

DJKI Hadiri Pertemuan AWGIPC ke-75 di Siem Reap, Kamboja

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Razilu memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan ASEAN Working Group on Intellectual Property Cooperation (AWGIPC) ke-75 yang diadakan pada 5 s.d. 9 Mei 2025 di Siem Reap, Kamboja. Pihaknya menyampaikan, pertemuan ini dihadiri oleh pimpinan dan perwakilan dari kantor kekayaan intelektual (KI) negara-negara anggota untuk membahas beragam isu KI.

Selasa, 6 Mei 2025

LMKN Cetak Rekor Royalti, DJKI Aktif Dorong Transparansi dan Penguatan Sistem Hak Cipta

Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) mencatatkan pencapaian tertinggi sepanjang sejarah pengelolaan royalti lagu dan musik di Indonesia. Hingga akhir Desember 2024, LMKN berhasil menghimpun royalti sebesar Rp77 miliar, angka ini adalah perolehan tertinggi sejak lembaga ini dibentuk.

Senin, 5 Mei 2025

Renstra Kemenkum 2025–2029 Dukung Pengembangan Ekosistem Kekayaan Intelektual Nasional

Menteri Hukum, Supratman Andi Agtas, menyampaikan visi dan misi kementerian yang dipimpinnya harus disesuaikan dengan rencana pembangunan Indonesia Emas 2045. Salah satu upayanya adalah berkomitmen mendukung pengembangan ekosistem kekayaan intelektual (KI) nasional melalui penyusunan Rencana Strategis (Renstra) 2025–2029. 

Selasa, 29 April 2025

Selengkapnya