Miliki Potensi KI yang Tinggi, DJKI Gelar Konsultasi Teknis Permohonan Desain Industri di Semarang

Semarang - Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang dikenal sebagai pusat perkembangan industri dan teknologi. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan ekonomi yang stabil dan keberagaman sektor industri yang berkembang pesat di Semarang.

Oleh sebab itu, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menggelar kegiatan Konsultasi Teknis Permohonan Desain Industri Online dengan tema Penyiapan Data Administratif dan Substantif Permohonan Desain Industri untuk Perguruan Tinggi di Hotel Novotel Semarang, Senin, 18 September 2023.

“Dari data statistik lima tahun terakhir, permohonan desain industri yang masuk dari Provinsi Jawa Tengah baru berjumlah 509 permohonan. Padahal, seperti yang kita tahu Jawa Tengah memiliki banyak kerajinan maupun industri yang menghasilkan banyak kekayaan intelektual (KI), termasuk desain industri,” ungkap Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Anggoro Dasananto dalam sambutannya.

Selain dari segi industri, Semarang sendiri memiliki banyak perguruan tinggi negeri/swasta berkualitas. Tidak hanya menjadi pusat pendidikan yang menghasilkan lulusan berkualitas, tetapi juga menjadi wadah untuk penelitian dan pengembangan produk-produk inovatif.

“Memang saat ini permohonan pendaftaran desain industri di Jawa Tengah masih sedikit, tetapi potensi yang dimiliki sangat tinggi, karena itulah kegiatan konsultasi teknis ini dilakukan di sini,” ucap Anggoro.

Di sisi yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan menyampaikan mengenai pentingnya pelindungan KI, salah satunya desain industri.

“Dalam dunia yang semakin berkembang pesat, desain industri memegang peran penting dalam menciptakan produk dan layanan yang inovatif, fungsional, dan menarik bagi konsumen,” ujar Ichwan.

“Oleh sebab itu, penting bagi perguruan tinggi untuk memastikan bahwa program desain industri yang ditawarkan dapat memenuhi tuntutan industri saat ini,” lanjutnya.

Dia juga menyampaikan beberapa aspek penting dalam pemeriksaan permohonan desain industri yang harus dipenuhi oleh pemohon karena hal tersebut akan menentukan berhasil atau tidaknya suatu permohonan untuk mendapatkan hak desain industrinya.

“Saya berharap seluruh peserta dapat memperoleh manfaat tambahan pengetahuan terkait penyiapan data substantif desain industri dari narasumber dan menularkannya kepada mahasiswa, keluarga, atau masyarakat umum agar permohonan desain industri kedepannya semakin meningkat,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, kegiatan tersebut dihadiri oleh 80 peserta yang terdiri dari berbagai universitas di Jawa Tengah, serta dihadiri langsung oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Semarang (UNNES) Benny Riyanto dan Kepala Sentra KI LPPM UNNES Sunyoto sebagai narasumber. (SAS/KAD)



LIPUTAN TERKAIT

Sambangi SMKN 32 Jakarta, RuKI Bergerak untuk Negeri

Jakarta - Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak menyambangi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 32 Jakarta. Gelaran kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya.

Selasa, 30 April 2024

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Kontribusi perempuan dalam bidang ekspor jasa dan produk kreatif tercatat mencapai 74% menurut data Kementerian Perindustrian. Hal ini disampaikan Reny Yanita Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Aneka pada Seminar Perempuan Indonesia yang digelar di J.W Marriott Hotel, 30 April 2024.

Selasa, 30 April 2024

DJKI Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Sistem KI di Indonesia Melalui Seminar Perempuan Indonesia

Perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April di setiap tahunnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelindungan kekayaan intelektual (KI) pada kehidupan sehari-hari serta mengapresiasi hasil olah pikir, karya, kreativitas dan kontribusi para pencipta karya dan inovator untuk pengembangan kualitas kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Selasa, 30 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/