Indonesia Hadir Dalam Pertemuan Regional WIPO tentang Penguatan Jaringan Pusat Dukungan Teknologi dan Inovasi Regional ASEAN

Vientiane - Dalam rangka mendorong pertukaran pengalaman dan praktik terbaik serta mendorong kerja sama antar negara anggota ASEAN dalam mengembangkan jaringan Technology and Innovation Support Center (TISC) nasional yang efektif dan berkelanjuntan, World Intellectual Property Organization(WIPO) dengan dukungan Japan Patent Office (JPO) menyelenggarakan WIPO Regional Meeting on Strengthening the ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center (TISC) Network, 21 – 22 Maret 2024 di Vientiane, Laos.

Delegasi Indonesia diwakili oleh Erny Trisniawaty dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual menyampaikan presentasi mengenai Report Highlights of TISC in Indonesia.

Pertemuan dibuka oleh Direktor Jenderal Kantor Kekayaan Intelektual Laos, Xaysomphet Norasingh, dan Direktur Dukungan Teknologi dan Inovasi, WIPO, Andrew Czajkowski.

Indonesia mengirimkan delegasinya dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Erny Trisniawaty, dan perwakilan dari Universitas Airlangga, Indria Wahyuni.

Presentrasi disampaikan oleh peserta dari negara-negara ASEAN, termasuk juga dari WIPO mengenai berbagai kegiatan dan hasil yang dicapai dalam program TISC global dan bidang program terkait. Delegasi Indonesia, Erny menyampaikan presentasi mengenai Report Highlights of TISC in Indonesia.

Indonesia melakukan berbagai kegiatan di tahun 2023 dan 2024 sebagai bagian dari TISC program, di antaranya Patent Examiners Go Campus, Lokakarya Penyelesaian Substantif, FGD Hak Kekayaan Intelektual Sebagai Objek Jaminan Fidusia Dalam Lembaga Keuangan, dan Penguatan Ekosistem Kekayaan Intelektual Melalui Program TISC, ujar Erny.

Erny juga menyampaikan proposal dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kekayaan intelektual berstandar internasional, manajemen TISC, dan pengembangan karieruntuk dapat bergabung dalam Program Sertifikasi Profesional(Certification Professional Program) yang diselenggarakan oleh WIPO.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan dari Universitas Airlangga, Indria, menyampaikan presentasi mengenai Building a Sustainable TISC Network. Indria menyampaikan mengenai manajemen kekayaan intelektual di Universitas Airlangga dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Sentra Kekayaan IntelektualUniversitas Airlangga dalam mengimplementasikan program TISC.

Dalam pencapaian ekosistem kekayaan intelektual diperlukan langkah-langkah hulu ke hilir, dimulai dari pelayanan KI, peningkatan kemampuan para peneliti (capacity building), membangun kolaborasi antara dunia akademik riset dengan kebutuhan masyarakat dan dunia bisnis, terangnya.

Indria menjelaskan bahwa perkembangan TISC juga memerlukan iklim yang inklusif dengan memastikan adanya inkubasi bagi universitas lainnya yang belum memiliki kemampuan memadai untuk mengembangkan kebijakan kekayaan intelektualnya. Dengan meletakkan parameter-parameter tersebut, maka perkembangan TISC akan menjadi lebih akseleratif.

Pertemuan ini turut membahas usulan kegiatan inovasi yang dapat dilakukan bersama di kawasan ASEAN untuk tahun 2024-2025 dan kemungkinannya untuk membangun kerja sama secara komprehensif dalam kerangka TISC.

 



TAGS

#WIPO

LIPUTAN TERKAIT

Mudik Aman dan Berkah, Yasonna Lepas Keberangkatan Para Abdi Negara dengan 28 Bus

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa mudik merupakan momen penting yang selalu ditunggu ketika bulan Ramadan akan mencapai akhirnya. Perjalanan pulang kampung yang dilakukan bukan hanya sekedar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual dalam rangka mencari kebersamaan yang membahagiakan diri di hari kemenangan.

Jumat, 5 April 2024

Menkumham Yasonna Lantik Pejabat Eselon I dan II Baru di Lingkungan Kemenkumham

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, melantik sejumlah pejabat baru pada Jumat, 5 Maret 2024 di Graha Pengayoman, Jakarta Selatan. Di antara para pejabat yang dilantik yakni Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sekretaris DJKI) dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Jumat, 5 April 2024

DJKI Kembalikan 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), dalam hal ini Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Kekayaan Intelektual (KI) Anom Wibowo menyerahkan barang bukti sebanyak 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo pada Kamis, 4 April 2024, di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Surabaya.

Jumat, 5 April 2024

Selengkapnya