Cintai, Hargai, Lindungi Kekayaan Intelektual Sejak Dini bersama RuKI

Tangerang Selatan - "Cintai, Hargai, Lindungi!" seru para siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Tangerang Selatan mengikuti yel-yel para Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) dalam acara ‘DJKI Mengajar - RuKI Goes To School’ pada Jumat, 8 September 2023.

Antusiasme para peserta didik terlihat dari interaksi yang terjalin selama acara ini berlangsung. Labiq Muhammad misalnya, ia yang merupakan salah seorang siswa kelas 5 (lima) menyampaikan bahwa satu-satunya jenis kekayaan intelektual (KI) yang dipahaminya adalah hak cipta.

“Aku senang sekali bisa ikut acara ini. Aku ingin banyak tahu tentang hak cipta karena membuat konten media sosial adalah kesukaanku,” ucap Labiq.

RuKI Goes To School 2023 merupakan suatu kegiatan yang menerapkan konsep pembelajaran yang menyenangkan dan implementatif sesuai dengan target kegiatan yakni siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Pemilihan target kegiatan tersebut bukan tanpa alasan, tetapi berdasarkan sebuah pemikiran bahwa menumbuhkan rasa penghargaan atas hasil karya orang lain akan lebih mudah dilakukan sejak masih belia dibandingkan dengan merubah mindset orang dewasa.

Kepala MIN 1 Kota Tangerang Selatan Ratu Rohimah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM atas diselenggarakannya ‘DJKI Mengajar - RuKI Goes To School’ di sekolah yang dibinanya tersebut. 

"Kepada anak-anakku, mari berfokus mengikuti berlangsungnya acara agar kita dapat menyerap ilmu yang sangat bermanfaat ini. Jangan lupa untuk menyebarkan pesan baik yang ada di acara ini. Ceritakan tentang pentingnya menghargai karya orang lain kepada keluarga, kepada teman-teman yang tidak dapat hadir di ruangan ini,” himbau Ratu.

Senada dengan Ratu, Subkoordinator Diseminasi dan Promosi Kekayaan Intelektual, Juara Pahala Marbun yang turut hadir dalam mengajak seluruh siswa untuk menggali wawasan kekayaan intelektual sebanyak mungkin dari para RuKI.

“Jangan malu untuk bertanya kepada kakak-kakak RuKI, agar kita tahu betapa pentingnya memahami KI dan betapa pentingnya menghargai inovasi dan karya milik orang lain,” jelas Juara.

Sebagai informasi, selain di MIN 1 Ciputat pada hari ini turut diselenggarakan acara serupa di wilayah Jakarta yaitu SDN 1 Gondangdia "SD Rep. Argentina". (HAB/VER)

 



LIPUTAN TERKAIT

Seminar Perempuan Indonesia: Berani Berkarya dengan Kekayaan Intelektual

Pada era yang semakin kompetitif, kreativitas harus semakin didorong agar setiap individu dapat bersaing secara global. Tak ubahnya para perempuan yang saat ini semakin dituntut untuk berdaya, salah satunya dengan memanfaatkan kekayaan intelektual yang mereka miliki.

Selasa, 30 April 2024

Sambangi SMKN 32 Jakarta, RuKI Bergerak untuk Negeri

Jakarta - Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak menyambangi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 32 Jakarta. Gelaran kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya.

Selasa, 30 April 2024

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Kontribusi perempuan dalam bidang ekspor jasa dan produk kreatif tercatat mencapai 74% menurut data Kementerian Perindustrian. Hal ini disampaikan Reny Yanita Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Aneka pada Seminar Perempuan Indonesia yang digelar di J.W Marriott Hotel, 30 April 2024.

Selasa, 30 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/