Peringati Hari KI Sedunia, DJKI Gelar Fun Shooting Bersama KOTRA dan Satgas Ops

Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menggelar kegiatan Fun Shooting yang diikuti oleh Satuan Tugas Operasi (Satgas Ops) KI dan Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA) pada Sabtu, 20 April 2024, di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta. 

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari KI Sedunia Tahun 2024. Harapannya kegiatan ini dapat mempererat hubungan kerja sama antar kementerian/lembaga, baik dalam negeri maupun luar negeri, sehingga semangat dalam memerangi pelanggaran KI terus menyala,” ujar Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa KI Anom Wibowo dalam sambutannya.

Sebelumnya, diketahui bahwa DJKI menjalin hubungan yang baik dengan beberapa instansi Korea, salah satunya adalah KOTRA. DJKI bersama dengan KOTRA juga sering kali membahas mengenai perkembangan pelindungan KI di Indonesia, mengingat banyaknya perusahaan Korea di Indonesia.

“Lebih dari 2000 perusahaan Korea berada di Indonesia dan memiliki perhatian yang cukup tinggi terhadap pelindungan KI di Indonesia. DJKI, selama bekerja sama dengan KOTRA, telah melakukan banyak upaya dalam menjamin hak-hak para pemilik KI di Indonesia. Kami mengapresiasi hal tersebut dan berharap kedepannya kerja sama akan terus terjalin,” ujar Direktur Jenderal KOTRA Jakarta Lee Jang Hee. 

Pada kesempatan yang sama, Anom juga mengundang langsung KOTRA untuk turut berpartisipasi pada kegiatan Intellectual Property (IP) Crime Forum pada tanggal 6-8 Mei 2024 yang juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari KI Sedunia.

IP Crime Forum juga akan mengundang banyak stakeholder seperti World Intellectual Property Organization (WIPO), United States Trade Representative (USTR), Homeland Security Investigations (HSI), United States Patent and Trademark Office (USPTO), Japan International Cooperation Agency (JICA), The Japan External Trade Organization (JETRO), termasuk seluruh Kementerian/Lembaga yang tergabung dalam Satgas Ops KI.

Sebagai tambahan informasi, kegiatan IP Crime Forum akan menghadirkan beberapa narasumber kompeten di bidangnya guna membahas dan berdiskusi terkait pelindungan dan penegakan hukum KI yang lebih efektif dan memadai, seperti penegakan hukum terhadap barang palsu di pasar fisik dan e-commerce, pengawasan barang impor/ekspor di kawasan pabean, hingga penanganan konten/situs web yang melanggar KI.



LIPUTAN TERKAIT

DJKI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Banjarmasin Melalui Kekayaan Intelektual

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan audiensi ke Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin pada Kamis, 2 Mei 2024.

Kamis, 2 Mei 2024

DJKI Jemput Bola ke SMK Grafika Jakarta Melalui RuKI Bergerak

Kemeriahan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia 2024 masih terus berlangsung, salah satu program tersebut adalah Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak yang digelar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika Jakarta pada Jumat, 3 Mei 2024.

Jumat, 3 Mei 2024

DJKI dan JICA Dongkrak Pemanfaatan Merek Kota Seribu Sungai

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) didukung oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan Seminar Pelindungan dan Pemanfaatan Merek bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada tanggal 2 Mei 2024 di Aston Hotel Banua, Banjarmasin.

Kamis, 2 Mei 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/