Menkumham Yasonna Lantik Pejabat Eselon I dan II Baru di Lingkungan Kemenkumham

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, melantik sejumlah pejabat baru pada Jumat, 5 Maret 2024 di Graha Pengayoman, Jakarta Selatan. Di antara para pejabat yang dilantik yakni Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sekretaris DJKI) dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Jabatan Sekretaris DJKI kini diampu oleh Anggoro Dasananto yang sebelumnya merupakan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri. Anggoro mengganti Sucipto yang dipromosikan sebagai Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham. Sementara itu, posisi Anggoro sebelumnya diisi oleh Ignatius Mangantar Tua yang sempat menjabat sebagai Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Barat.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Saudara-saudara yang baru saja dilantik pada jabatannya, baik itu promosi maupun mutasi. Pelantikan ini tentu memberi makna tersendiri bagi kita, karena dilakukan pada bulan penuh berkah yaitu bulan Ramadan,” ujar Yasonna.

Menurut Yasonna rotasi dan mutasi ini merupakan penyegaran dan sekaligus untuk merevitalisasi organisasi di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dengan menekankan pada aspek Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif agar kita sigap menghadapi tantangan. 

Selain ketiganya, Yasonna juga sekaligus melantik pejabat baru untuk Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia Aparatur Kemenkumham, Staf Ahli Bidang Politik dan Keamanan Kemenkumham dan Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama.

Yasonna juga melantik Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Kepala Biro Umum pada Sekretariat Jenderal, Direktur Badan Usaha pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, dan Direktur Perdata pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum. Ditambah lagi, Yasonna juga telah melantik enam pejabat di tingkat Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham.

“Saya ingatkan prinsip hidup yakni before you are a leader, success is all about legacy from yourself. When you  become a leader, success is all about legacy for others. Tolong tinggalkan warisan yang baik dengan kinerja yang baik pula,” tambah Yasonna.

Yasonna melanjutnya bahwa pihaknya mengharapkan kejujuran, sinergi dan kolaborasi, optimalisasi sumber daya serta pengelolaan isu aktual dan strategis dari para pejabat yang baru dirotasi maupun mutasi untuk meningkatkan pelayanan publik. 

“Sekali lagi saya ingatkan kepada seluruh jajaran baik di pusat maupun di daerah, agar terus meningkatkan pelayanan kepada publik dengan sebaik-baiknya tanpa pungli dan diskriminasi, tetap berintegritas dengan hasil yang berkualitas,” pungkas Yasonna. (kad)



LIPUTAN TERKAIT

Delegasi Indonesia Ikuti Pelatihan Penegakan Hukum KI oleh ASEAN-USPTO 

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengikuti kegiatan Workshop on Effective Practices in Investigation and Enforcement Against Content Piracy yang diselenggarakan oleh Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dan United States Patent and Trademark Office (USPTO) pada 23 s.d. 25 April 2024.

Jumat, 26 April 2024

Tingkatkan Pemahaman KI Pegawai PPPK Melalui Kelas Edukasi

Jakarta - Hari Kekayaan Intelektual Sedunia jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya diperingati dengan berbagai kegiatan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran terhadap pelindungan kekayaan intelektual. Untuk peringatan Hari KI Sedunia tahun ini, Direktorat Jenderal Kekayaaan Intelektual menggelar serangkaian acara, salah satunya adalah kegiatan Kelas Edukasi Kekayaan Intelektual (KI) bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Jumat, 26 April 2024

Gelar Sidang Terbuka, Komisi Banding Paten Putuskan Dua Permohonan Banding Paten

Komisi Banding Paten (KBP) Republik Indonesia (RI) memutuskan menerima permohonan banding atas uraian deskripsi dan klaim dari Takasago International Corporation dan menolak permohonan banding atas penolakan paten yang diajukan oleh Bayer Pharma Aktiengesellschaft melalui sidang terbuka di Gedung Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) pada Kamis, 25 April 2024.

Kamis, 25 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/