Kekayaan Intelektual adalah Sumber Inspirasi Tanpa Batas

Samarinda - Lahirnya paten baru seringkali berakar dari ditemukannya kelemahan atas invensi yang telah ada sebelumnya. Hal ini sejalan dengan semakin kompleksnya kebutuhan manusia akan inovasi yang dapat memudahkan kebutuhan hidup manusia.

Dalam teknologi komunikasi misalnya. Kebutuhan untuk selalu dapat mengakses internet membuat daya baterai handphone cepat habis. Fakta yang kerap dijumpai seseorang di lapangan adalah sulitnya menemukan stop kontak untuk mengisi daya baterai. Menjawab kebutuhan tersebut, lahirlah sebuah produk yang kini kita kenal dengan sebutan powerbank.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Plt. Dirjen KI) Razilu melalui Kuliah Umum yang diadakan di Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur pada 6 Februari 2023 mengatakan bahwa salah satu peran penting Kekayaan Intelektual (KI) adalah bisa menjadi sumber inspirasi untuk melahirkan berbagai inovasi baru.

“Berbicara tentang paten, untuk membuat sebuah produk utuh yang memiliki fungsi itu tidak bisa dengan menggunakan satu paten. Mungkin konsorsium dari seratus paten baru dapat menjadi satu produk utuh,” ujar Razilu

Lebih lanjut Razilu menjabarkan bagaimana dalam sebuah handphone bisa terdapat ribuan paten yang terkandung di dalamnya. Suatu paten harus berkolaborasi dengan paten lainnya untuk dapat menjalankan fungsi tertentu.

“Dalam teknologi telepon seluler bernama 4G, ada salah satu peneliti Institut Teknologi Bandung bernama Khoirul Anwar yang turut berkontribusi di dalamnya,” tutur Razilu.

Dalam upayanya meningkatkan jumlah permohonan paten, seringkali Razilu menemukan kegagalan permohonan paten dalam negeri disebabkan oleh kelengkapan dokumen. Razilu menyebut bahwa dokumen paten mengandung tiga bahasa. Yang pertama, bahasa hukum. Kedua adalah bahasa teknik, dan ketiga adalah penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Pada tahun 2023 ini, DJKI membuat program yaitu menghadirkan para pemeriksa paten di tengah-tengah kita semua untuk menjawab persoalan tersebut,” ucap Razilu.

Mengakhiri acara tersebut, Razilu berharap ke depannya makin banyak inventor yang berasal dari Indonesia khususnya Universitas Mulawarman yang bisa membanggakan Indonesia di mata dunia.

Sebagai informasi,  DJKI mencatat permohonan paten 2022 yang berasal dari dalam negeri sebanyak 6524 yang terbagi menjadi 2434 Paten dan 4090 Paten Sederhana. Sementara jumlah paten yang berasal dari luar negeri berjumlah 7539. Hal ini menunjukkan jumlah paten dalam negeri masih timpang dibandingkan luar negeri.



LIPUTAN TERKAIT

Ajukan Permohonan Mediasi, DJKI Terima Audiensi dari PT Aquarius Pustaka Musik

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), tepatnya Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa menerima audiensi dari PT Aquarius Pustaka Musik terkait dengan permohonan mediasi pada Jumat, 3 Mei 2024, di Kantor DJKI, Jakarta.

Jumat, 3 Mei 2024

DJKI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Banjarmasin Melalui Kekayaan Intelektual

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan audiensi ke Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin pada Kamis, 2 Mei 2024.

Kamis, 2 Mei 2024

DJKI Jemput Bola ke SMK Grafika Jakarta Melalui RuKI Bergerak

Kemeriahan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia 2024 masih terus berlangsung, salah satu program tersebut adalah Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak yang digelar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika Jakarta pada Jumat, 3 Mei 2024.

Jumat, 3 Mei 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/