DJKI Hadirkan Layanan Konsultasi Kekayaan Intelektual pada Perhelatan Hari UMKM Nasional 2023

Surakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM lakukan jemput bola dengan membuka layanan booth konsultasi kekayaan intelektual (KI) pada peringatan Hari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Nasional 2023 Expo di Lapangan Pamedan Pura Mangkunegaran. 

Hari UMKM Nasional 2023 Expo diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM bersama Pemerintah Kota Surakarta yang berlangsung selama empat hari terhitung tanggal 10-13 Agustus 2023. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sesditjen KI) Sucipto mengatakan hadirnya layanan konsultasi KI pada ajang ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam membantu menyadarkan masyarakat, khususnya pelaku usaha untuk melindungi KI-nya. 

"Hal tersebut sejalan dengan program Menteri Hukum dan HAM bahwa melalui DJKI, negara hadir di tengah-tengah masyarakat dalam membantu memberikan kesadaran untuk melindungi kekayaan intelektualnya. Baik itu berupa hak cipta, merek, paten, desain industri, atau indikasi geografis," kata Sucipto saat menghadiri pembukaan acara Hari UMKM Nasional 2023, Kamis, 10 Agustus 2023.

Menurut Sucipto, hadirnya DJKI pada gelaran ini juga untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui KI dan memberikan kesadaran kepada aparatur pemerintah daerah akan pentingnya pelindungan KI. 

Ia berharap dengan adanya keberadaan booth layanan konsultasi DJKI di peringatan UMKM Nasional 2023 Expo ini, seluruh masyarakat dan pelaku usaha memiliki kesadaran hukum untuk mendaftarkan hak kekayaan intelektualnya. 

"Seluruh masyarakat memiliki kesadaran untuk mendaftarkan apa yang menjadi karyanya. Sehingga ekonomi di wilayah di Indonesia itu tumbuh," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Hantor Situmorang. Ia mengharapkan kepada seluruh pelaku UMKM di Kota Surakarta dan lebih luas di seluruh wilayah Jawa Tengah sadar terhadap pelindungan KI-nya.

“Saya harap masyarakat semakin mengerti dan kemudian mendaftarkan kekayaan intelektual mereka, inovasi-inovasi mereka untuk mendapatkan pelindungan hukum terhadap kekayaan intelektual yang mereka miliki,” tutur Hantor.

Di sisi lain, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim menyampaikan bahwa perayaan Hari UMKM Nasional 2023 Expo ini berguna untuk peningkatan keunggulan dan daya saing pelaku UMKM. 

"UMKM telah terbukti menopang perekonomian Indonesia. Perayaan ini digelar dam rangka memberikan upaya pelindungan, kemudahan, dan pemberdayaan bagi para pelaku UMKM," tuturnya. 

Karenanya, bagi pelaku usaha, seperti UMKM, KI menjadi sesuatu hal yang penting untuk keberlangsungan usahanya. Mengingat KI berperan untuk melindungi karya cipta seseorang ataupun kelompok. 

Salah satu pelindungan KI yang penting bagi pelaku UMKM adalah melindungi merek dagangnya. Merek sangat penting sebagai identitas suatu produk barang atau jasa. 

Selain itu, merek dapat meningkatkan daya saing di dunia usaha, serta mampu menjadi kekuatan produk agar lebih mudah diterima oleh masyarakat. Melalui merek, pelaku usaha dapat menyusun strategi pemasaran dalam membangun citra dan reputasi produknya. 

Mengingat pentingnya pelindungan merek bagi pelaku UMKM, segera lindungi merek anda, jangan sampai merek dagang dan jasa anda diklaim oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Bagi pelaku UMKM di Kota Surakarta yang kesulitan melakukan pendaftaran merek atau KI lainnya, dapat kunjungi booth DJKI pada Hari UMKM Nasional 2023 Expo di Lapangan Pamedan Pura Mangkunegaran.



LIPUTAN TERKAIT

DJKI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Banjarmasin Melalui Kekayaan Intelektual

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan audiensi ke Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin pada Kamis, 2 Mei 2024.

Kamis, 2 Mei 2024

DJKI Jemput Bola ke SMK Grafika Jakarta Melalui RuKI Bergerak

Kemeriahan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia 2024 masih terus berlangsung, salah satu program tersebut adalah Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak yang digelar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika Jakarta pada Jumat, 3 Mei 2024.

Jumat, 3 Mei 2024

DJKI dan JICA Dongkrak Pemanfaatan Merek Kota Seribu Sungai

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) didukung oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan Seminar Pelindungan dan Pemanfaatan Merek bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada tanggal 2 Mei 2024 di Aston Hotel Banua, Banjarmasin.

Kamis, 2 Mei 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/