Direktorat Paten, DTLST dan Rahasia Dagang Capai Target Kinerja 2023 dengan Baik


Yogyakarta - Direktur Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST) dan Rahasia Dagang (RD) Yasmon mengatakan bahwa Direktorat Paten, DTLST dan RD berhasil mencapai bahkan melampaui target kinerja yang telah disusun di awal tahun 2023. Hal ini disampaikan pada Rapat Evaluasi Kinerja pada Kamis, 7 Desember 2023 di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta. 

“Alhamdulillah, saat ini program kerja Direktorat Paten, DTLST dan RD sudah terselenggarakan semuanya. capaian kinerja yang berhasil dilampaui sebanyak 258,35% adalah pengelolaan administrasi pemeliharaan paten tepat waktu sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Yasmon. 

Tidak hanya itu, penyelesaian administrasi permohonan Paten juga telah diselesaikan yang semula ditargetkan 12.168 dokumen menjadi 19.421 yang berarti melampaui target sebanyak 159.61% dan masih banyak lagi.

Dari angka penerimaan permohonan paten selama enam tahun terakhir yang terus meningkat, Yasmon optimis bahwa di tahun 2023 bisa melebihi permohonan paten di tahun 2022.

Dalam hal Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kontribusi yang telah diberikan oleh DJKI melalui sistem paten berjumlah 4 triliun rupiah selama 13 tahun terakhir. Adapun dari sistem paten, kontribusi PNBP di tahun 2023 telah melampaui tahun 2022. 

“Selama 13 tahun terakhir, PNBP dari sistem paten di tahun 2022 yang sejumlah 413 miliar rupiah mengalami peningkatan juga di tahun 2023 menjadi 430 miliar,” terang Yasmon. 

Pada kesempatan yang sama Yasmon juga memaparkan terkait program kerja Direktorat Paten, DTLST dan RD di tahun 2024 di antaranya adalah pelayanan paten terpadu (patent one stop service) yang akan diselenggarakan di 20 daerah. 

Tidak hanya itu akan dilaksanakan juga workshop penyelesaian substantif Paten dengan konsultan KI serta asistensi teknis permohonan paten bagi perguruan tinggi serta badan penelitian dan pengembangan yang diharapkan dapat mempermudah inventor dalam mendaftarkan patennya. 

“Direktorat Paten, DTLST dan RD di tahun 2024 akan memanfaatkan alokasi anggaran yang ada dengan membuat program kerja yang selektif guna menjadikan DJKI menjadi kantor KI berkelas dunia,” pungkas Yasmon. (CAN/VER)



LIPUTAN TERKAIT

Alat Musik Tradisional Sebagai Potensi Indikasi Geografis

Indonesia kaya akan budaya termasuk alat musik tradisional yang beragam dan unik. Setiap daerah memiliki alat musik khasnya sendiri yang mencerminkan sejarah, tradisi dan kekayaan budaya setempat. Alat musik tradisional ini memiliki potensi besar untuk dilindungi dan dikembangkan sebagai Indikasi Geografis (IG).

Kamis, 29 Februari 2024

DJKI Libatkan Masyarakat dalam Perancangan Renstra 2025 - 2029

Palembang - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menilai penting adanya perspektif masyarakat dan para pemangku kepentingan dalam pembuatan kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan kekayaan intelektual selama lima tahun mendatang. Oleh sebab itu, pihaknya menyelenggarakan kegiatan Penghimpunan Aspirasi Publik sebagai Rancangan Awal Rencana Strategis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Tahun 2025 – 2029 pada 28 - 29 Februari 2024 di Novotel Palembang - Hotel & Residence.

Rabu, 28 Februari 2024

DJKI Dukung Penyelenggaraan Inacraft 2024

Jakarta - INACRAFT (The Jakarta International Handicraft Trade Fair) kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada tanggal 28 Februari s.d. 3 Maret 2024. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang menghadirkan para pengrajin handicraft dan pemerhati bidang kerajinan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI). 

Rabu, 28 Februari 2024

Selengkapnya