Angel Anlee, Siswi SMP yang Mahir Membuat Robot Terima WIPO School Children's Medal

Jakarta - Angel Anlee, siswi SMP Tarakanita 2 Jakarta menerima Penghargaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia (WIPO Awards) yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada gelaran Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2022 pada Selasa, 26 April yang lalu.

Penghargaan yang diterima tersebut menambah sederetan penghargaan yang diterima siswi kelahiran 11 Juni 2007 di bidang programming dan robotic ini.

Sebelumnya, Angel pernah meraih Juara 1 Kids & Teen Hackathon Indosat Wireless Innovation Contest 2015, Juara Favorit Olimpiade TIK Nasional 2016, Juara IPA OSTARNAS Wilayah Jakarta 2017, Best Qualifier MakeX Robot Competition 2018, Juara 1 App Jamming Summit 2019 di Indonesia (semifinal), Most creative award App Jamming 2019 (final), menjadi pembicara di Tech Kid Grand Prix 2019 di Jepang, Juara 1 Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 (kategori pelajar), dan Juara 1 Mame 2021 BPMPK (kategori Umum).

Selain itu, baru-baru ini Angel juga berhasil menyabet Juara 1-14th National Young Inventor Award (NYIA) 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pada ajang tersebut, ia mencetak prestasi melalui robot ciptaannya yang dinamakan ROTA (Robot Tanaman). 

"ROTA adalah Robot Tanaman yang dapat mempermudah kerja manusia. ROTA bisa melakukan proses penyiraman tanaman sendiri," ujar Angel pada wawancara di Istana Wakil Presiden.

Ketertarikan Angel pada bidang programming dan robotic memang sudah diasah sejak kecil. Kemampuan tersebut pun dipelajari secara otodidak dengan pendampingan orang tuanya yang juga memang mahir dalam programming. 

Pencapaian-pencapaian Angel pun turut didukung oleh pihak sekolah, yaitu SMP Tarakanita 2 dengan menerapkan pembelajaran project-based learning dalam membantu pengembangan bakat para siswa. (SYL/CAN)


TAGS

#Menkumham

LIPUTAN TERKAIT

IP Podcast Meriahkan Hari KI Sedunia Tahun 2024 di 33 Provinsi

Setiap tahunnya, tanggal 26 April diperingati sebagai Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia sebagaimana yang telah ditetapkan oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) dalam Twenty-Sixth (12th Extraordinary) Session of the WIPO General Assembly yang diadakan pada 25 September s.d. 3 Oktober 2000 di Jenewa.

Jumat, 26 April 2024

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024

Menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia ke-24, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) secara serentak di seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham seluruh Indonesia pada Jumat, 26 April 2024.

Jumat, 26 April 2024

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Dalam rangka memeriahkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia Ke-24, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual menyelenggarakan kegiatan Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak secara serentak di 33 wilayah di Indonesia pada Jumat, 26 April 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi KI dasar kepada anak-anak di bangku sekolah.

Jumat, 26 April 2024

Selengkapnya