Tiga Inventor Asal Kaltim Terima Sertifikat Paten

Samarinda – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual menyerahkan tiga sertifikat paten kepada inventor asal Kalimantan Timur pada 27 Juni 2022 di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Timur.

Kegiatan penyerahan sertifikat paten ini berlangsung saat pembukaan Workshop Penyelesaian Substantif Paten, Pengelolaan Pasca Pendaftaran Paten dengan Perguruan Tinggi, Litbang dan Pelaku Usaha.

Dua sertifikat paten dengan judul invensi Proses Penentuan Kuat Gesek Erosif Tanah dengan Menggunakan Perangkat Konduit Erosi dan Metode Penentian Kuat Gesek Erosif Tanah dengan Menggunakan Perangkat Konduit Erosi dan Teknik Analisa Citra Kamera, diserahkan langsung kepada inventor Tommy Ekamitra Sutarto.

Sertifikat paten ketiga dengan judul invensi Proses Aktivasi Batubara Lignit untuk Menghasilkan Karbon Aktif Sebagai Absorben Gelombang Mikro diterima langsung oleh perwakilan inventor Marinda Rahim.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim Sofyan mengakui bahwa angka permohonan paten di Kalimantan Timur masih sangat sedikit.



Jumlah permohonan paten dari Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2020 hingga 2021 menjadi yang paling unggul dibandingkan provinsi lain di pulau Kalimantan, akan tetapi masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan provinsi lain terutama di pulau Jawa.

Pada tahun 2020 terdapat 6 permohonan paten yang berasal dari Kalimantan Timur dan tahun 2021 meningkat menjadi 10 permohonan paten.

“Kami terus mengharap dukungan dari DJKI dengan semakin banyaknya kegiatan seperti ini Kaltim dan kami mendorong perguruan tinggi, litbang dan pelaku usaha terus meningkatkan riset-riset yang berorientasi paten,” tutur Sofyan.

Dalam penutupan sambutannya Sofyan menyampaikan komitmen untuk siap membantu para inventor apabila mengalami kesulitan dalam permohonan dan komersialiasi KI



“Kantor Wilayah selalu siap melayani konsultasi para inventor, karena kami ingin angka paten dari Kalimantan Timur lebih banyak dan semakin banyak inventor bisa mendapatkan manfaat ekonomi dari invensinya,’’ pungkas Sofyan.

Kegiatan workshop yang dihadiri oleh Sentra KI, LPPM dan para pelaku usaha di Kaltim ini akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 27 hingga 30 Juni 2022 dan membantu 21 pemohon penyelesaian substantif dan 16 pemohon drafting paten.


TAGS

#Paten

LIPUTAN TERKAIT

Mudik Aman dan Berkah, Yasonna Lepas Keberangkatan Para Abdi Negara dengan 28 Bus

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa mudik merupakan momen penting yang selalu ditunggu ketika bulan Ramadan akan mencapai akhirnya. Perjalanan pulang kampung yang dilakukan bukan hanya sekedar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual dalam rangka mencari kebersamaan yang membahagiakan diri di hari kemenangan.

Jumat, 5 April 2024

Menkumham Yasonna Lantik Pejabat Eselon I dan II Baru di Lingkungan Kemenkumham

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, melantik sejumlah pejabat baru pada Jumat, 5 Maret 2024 di Graha Pengayoman, Jakarta Selatan. Di antara para pejabat yang dilantik yakni Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sekretaris DJKI) dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Jumat, 5 April 2024

DJKI Kembalikan 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), dalam hal ini Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Kekayaan Intelektual (KI) Anom Wibowo menyerahkan barang bukti sebanyak 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo pada Kamis, 4 April 2024, di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Surabaya.

Jumat, 5 April 2024

Selengkapnya