Sadar Akan Pentingnya Pola Hidup Sehat di Situasi Pandemi, DJKI Gelar Webinar Kesehatan

Jakarta - Situasi pandemi seperti saat ini mengharuskan kita untuk menjaga dan memperhatikan kesehatan lebih dari sebelumnya. Oleh karena itu Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) menyelenggarakan Webinar Kesehatan dengan tema “Peran Gizi Seimbang dan Kesehatan Paru” yang merupakan rangkaian kegiatan Webinar Merdeka Dalam Berkarya dalam memperingati HUT ke 76 Kemerdekaan RI pada Jumat, (20/08/2021).  

Dokter Rosnah Pinontoan selaku Dokter Spesialis Gizi Klinik menjelaskan dampak pandemi terhadap status gizi di mana hal ini sangat mempengaruhi setiap orang untuk melakukan aktivitas setiap harinya. Webinar yang dibuka oleh moderator Emil Faizza ini juga turut menghadirkan Kolonel Ckm dr. I Wayan Agus Putra selaku Ketua Tim Satgas Covid RSPAD yang memberikan pemahaman langsung tentang Coronavirus Disease 19 (Covid-19). 

Saat ini Covid-19 masih belum terkendali, menurut dr. Agus virus ini masih dapat bermutasi dan berpotensi lebih menular. Walaupun kasus Covid-19 saat ini cenderung menurun, namun positivity rate masih cukup tinggi karena vaksinasi di Indonesia belum memenuhi target.  

“Intinya di masa pandemi ini, pertahanan kita itu bukan hanya sekedar menjaga jarak, menggunakan masker, dan vaksin. Tetapi yang paling penting semuanya harus dilakukan secara komprehensif agar kita dapat menangani Covid-19 ini,” kata dr. Agus. 

Pada kesempatan yang sama, dr. Rosnah juga menjelaskan bahwa dampak kondisi pandemi, seseorang cenderung suka konsumsi gula, makanan tinggi kalori, rendah nutrisi, sepertijunk food dan terbatasnya aktivitas membuat orang menjadi malas bergerak dan malas berolahraga.  

“Menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang baik, olahraga teratur dan terukur, juga istirahat yang cukup merupakan hal yang amat penting dalam kondisi pandemi seperti saat ini, jangan bermalas-malasan karena hal ini dapat membuat performa fisik menurun,” ucap dr. Rosnah.  

Sepakat dengan dr. Agus, dr. Rosnah juga menjelaskan pentingnya tetap menerapkan protokol kesehatan, mengkonsumsi multivitamin sesuai dengan kebutuhan dan yang terpenting juga adalah melakukan vaksinasi karena dengan melakukan vaksinasi diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.  

Dihadiri sebanyak 550 peserta, webinar kesehatan yang merupakan penutup dari rangkaian webinar dalam memperingati HUT ke 76 Kemerdekaan RI oleh DJKI ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pembelajaran harapannya agar masyarakat dan pegawai di lingkungan Kemenkumham dapat menjaga dan melakukan pola hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan dan dapat meningkatkan status gizi agar dapat meningkatkan imunitas tubuh. (ver/amh)


LIPUTAN TERKAIT

Mudik Aman dan Berkah, Yasonna Lepas Keberangkatan Para Abdi Negara dengan 28 Bus

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa mudik merupakan momen penting yang selalu ditunggu ketika bulan Ramadan akan mencapai akhirnya. Perjalanan pulang kampung yang dilakukan bukan hanya sekedar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual dalam rangka mencari kebersamaan yang membahagiakan diri di hari kemenangan.

Jumat, 5 April 2024

Menkumham Yasonna Lantik Pejabat Eselon I dan II Baru di Lingkungan Kemenkumham

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, melantik sejumlah pejabat baru pada Jumat, 5 Maret 2024 di Graha Pengayoman, Jakarta Selatan. Di antara para pejabat yang dilantik yakni Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sekretaris DJKI) dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Jumat, 5 April 2024

DJKI Kembalikan 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), dalam hal ini Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Kekayaan Intelektual (KI) Anom Wibowo menyerahkan barang bukti sebanyak 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo pada Kamis, 4 April 2024, di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Surabaya.

Jumat, 5 April 2024

Selengkapnya