Refleksi Akhir Tahun dan Apresiasi Kinerja DJKI Tahun 2021

Jakarta - Menutup tahun 2021, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menggelar Refleksi Akhir Tahun serta Apresiasi Kinerja bersama jajaran DJKI di Aula DJKI Lantai 18, Gedung Eks Sentra Mulia, Kamis 30 Desember 2021.

“Di penghujung akhir tahun 2021 ini, mari kita tunduk sejenak bertafakur, merenungi dengan kebersihan jiwa dan kejujuran, atas apa yang telah kita perbuat beberapa waktu yang lalu, di awal tahun, di tengah tahun hingga di batas akhir tahun," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Razilu.

Sepanjang tahun 2021, DJKI telah berupaya memberikan kinerja terbaik, terutama dalam mendukung pelindungan kekayaan intelektual (KI) di Indonesia, baik dari segi layanan, regulasi, hingga diseminasi KI kepada seluruh masyarakat.

DJKI berhasil memenuhi target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang ditetapkan sebesar Rp800 miliar. Bahkan, per 27 Desember 2021 DJKI berhasil membukukan capaian PNBP sebesar Rp822.426.589,305 melebihi target yang ditentukan.

Tahun ini, di tengah situasi pandemi yang masih melanda dunia, DJKI mencatatkan total jumlah permohonan KI yang masuk dari masyarakat sebesar 252.280 permohonan. Meningkat 52.353 permohonan dari tahun sebelumnya.

Beberapa penghargaan juga diberikan kepada DJKI, antara lain Top Digital Implementation 2021 Level Stars 4; Top Leader on Digital Implementation 2021; dan Bronze Winner pada Anugerah Humas Indonesia 2021 Sub Kategori Website Terinovatif.

Tentunya capaian ini merupakan kerja keras seluruh jajaran DJKI yang telah berupaya bekerja secara maksimal.

Sejumlah penghargaan diberikan kepada para Direktur Teknologi Informasi KI yang pernah menjabat pada periode 2013 s.d. 2020, yaitu Karjono, Yasmon, Razilu, dan Sarno Wijaya serta unit teknis di lingkungan DJKI yang telah memberikan kontribusi positif dalam mendukung implementasi transformasi digital.

“Izinkan saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak/Ibu jajaran Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Fungsional Struktural dan Fungsional Tertentu, pegawai, serta PPNPN  DJKI atas semangat memberikan kinerja terbaik dan dedikasinya, sehingga pada tahun 2021 DJKI alhamdulillah mencapai target kinerja bahkan meraih beberapa penghargaan,” tutur Razilu.

Razilu berharap, menyongsong tahun 2022 yang dicanangkan sebagai Tahun Hak Cipta, DJKI dapat terus berinovasi dan mendukung program-program unggulan yang akan berjalan, antara lain Roving Seminar Menteri Hukum dan HAM, PNBP Berkeadilan, dan Persetujuan Otomatis Pencatatan Hak Cipta (POP HC).


LIPUTAN TERKAIT

Dampingi Inventor Sulawesi Utara, DJKI Beri Edukasi Penyelesaian Substantif Paten

Inventor Indonesia dari berbagai perguruan tinggi atau pelaku UMKM pada kenyataannya belum terlalu banyak memberikan pelindungan atas temuan dan penelitiannya seperti inventor di negara lain. Hal tersebut dikarenakan minimnya informasi dan edukasi tentang tata cara pengajuan dan pendaftaran paten, khususnya pada saat menyempurnakan dokumen permohonan paten pada tahap awal.

4 Juli 2022

Sekretaris DJKI: Pegawai Harus Berikan Pelayanan Bermutu dan Anti Suap

Jakarta - Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Sucipto mengajak seluruh pegawai untuk tak hanya memenuhi pelayanan, tetapi juga meningkatkan pelayanan publik. Menurutnya, setiap pegawai di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) harus bersih dari penyuapan dan memiliki standar pelayanan yang berkualitas.

1 Juli 2022

Perkuat Sistem Manajemen Organisasi, DJKI Gelar Pelatihan ISO 37001:2016

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melaksanakan kegiatan Training ISO 37001:2016 tentang Manajemen Anti Penyuapan dan Manajemen Risiko di Lingkungan DJKI pada hari Senin, 27 Juni 2022 di Aula Oemar Seno Adjie Lantai 18 Gedung Eks. Sentra Mulia.

27 Juni 2022

Selengkapnya