Plt. Dirjen KI Dorong Bondowoso Bangun Swalayan Khusus Produk Lokal

Bondowoso - Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Plt. Dirjen KI) Razilu mengharapkan Bondowoso memiliki swalayan atau toko serba ada yang khusus menjual produk lokal Bondowoso. Hal itu karena kabupaten yang dipimpin Salwa Arifin ini terkenal sebagai Republik Kopi.

“Saya meminta kepada Bapak Bupati bagaimana kalau membangun sebuah swalayan milik Kabupaten Bondowoso yang memperdagangkan produk Bondowoso dan IG dari Bondowoso,” ucap Razilu.

“Mengapa kita tidak membangun ekonomi daerah melalui produk-produk daerah sendiri yang dijual di toko yang dibangun oleh pemerintah daerah masing-masing, silakan dari Bondowoso menginisiasi sebagai kabupaten pertama yang melakukan hal itu,” lanjutnya sambil menikmati kopi Indikasi Geografis (IG) di Bondowoso Republik Kopi (BRK) kafe Pendopo Kabupaten Bondowoso, pada hari Rabu, 12 Januari 2022.

Kopi yang disajikan merupakan produk kopi Kabupaten Bondowoso yang telah terdaftar dan mendapatkan sertifikat IG, yaitu Kopi Arabika Ijen Raung dan Kopi Arabika Hyang Argopuro

“Dengan kopinya, Bondowoso ternyata memiliki julukan republik kopi, luar biasa sekali,” ujar Razilu mengapresiasi usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso dalam meningkatkan ekonomi daerahnya yang dimulai dengan sadar akan pelindungan Kekayaan Intelektual (KI) di daerahnya.

Di sisi lain, Salwa Arifin menyampaikan tentang potensi kekayaan di Kabupaten Bondowoso, salah satunya yang terkuat memang adalah kopi. Kopi dari Bondowoso memiliki kualitas rasa yang diakui di dunia.

Salwa menyampaikan bahwa peran pemerintah Bondowoso dalam melindungi serta mengembangkan ekonomi berbasis KI di daerahnya yaitu dengan mendaftarkan merek kolektif Bondowoso Republik Kopi yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Bondowoso sejak tahun 2016.

“Bondowoso Republik Kopi ini sudah dikenal sejak tahun 2016, hal ini karena kualitas kopi Bondowoso tidak hanya unggul, tapi juga kualitasnya tingkat dunia,” ujar Salwa.

Selain Kopi, Salwa juga menyatakan bahwa Bondowoso juga memiliki produk lain berupa tape yang memiliki kandungan dan rasa yang berbeda dengan daerah lain, serta harapannya dapat turut mendorong ekonomi daerahnya. (daw/kad)



LIPUTAN TERKAIT

Stafsus Menkumham Fajar Lase Himbau UMKM Pelalawan Lindungi Produk Dagang dengan Daftarkan Kekayaan Intelektual

Pelalawan - Stafsus Menkumham Bidang Transformasi Digital, Fajar BS Lase menghimbau para pelaku UMKM di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau untuk melindungi produk dagangnya dengan mencatatkan dan mendaftarkan KI.

11 Agustus 2022

Bantu Pendaftaran KI bagi Arek Malang, DJKI Lanjutkan Mobile Intellectual Property Clinic di Kantor Bakorwil III

Para pengusaha serta pemilik UMKM di Kota Malang dan sekitarnya mengapresiasi kegiatan lanjutan MIC Jawa Timur yang berlangsung di Kantor Bakorwil III Malang pada 11 Agustus 2022

11 Agustus 2022

Sejahterakan Industri Musik Indonesia Melalui PP Nomor 56 Tahun 2021


DJKI bersama Kantor Wilayah Kemenkumham DIY melakukan sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 tahun 2021 tentang pengelolaan royalti hak cipta lagu dan/atau musik di DIY melalui kegiatan Diskusi Teknis Lembaga Manajemen Kolektif Bidang Musik dan Lagu.

11 Agustus 2022

Selengkapnya