Peringatan Kelahiran Pancasila untuk Persatu Bangsa Indonesia

Memperingatan Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni 2019 di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM, Mardjoeki, menyampaikan sambutan oleh Kepala Badan Pembinaan Pancasila, Hariyono.

Dalam sambutan tersebut, Hariyono mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengingat lahirnya Pancasila sebagai fondasi negara sekaligus pemersatu bangsa.

"Pancasila sebagai dasar negara, ideologi dan pandangan bangsa yang dirancang oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yg tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia," ujar Mardjoeki di Lapangan Merah Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan.

"Walaupun kita sebagai bangsa belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai –nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke-Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan berkat Pancasila," lanjutnya.

Oleh karenanya, Pancasila yang diambil dari nilai-nilai bangsa harus diamalkan dalam hati yg suci dan diamalkan dalam sehari hari.

Selain itu, Mardjoeki mengatakan bahwa peringatan ini berkaitan erat dengan terbentuknya Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945 dan juga masuknya Pancasila pada 18 Agustus 1945. Mengingat sejarah itu, kini saatnya Pancasila yang membawa visi, misi serta harapan negara diamalkan dan diamankan secara simultan dan terus menerus.

"Kita harus secara terus menerus menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup yang membawa kebahagiaan bersama. Kita Indonesia, kita Pancasila," tutupnya.

Upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini diikuti oleh seluruh pegawai negeri sipil di Indonesia di tengah akhir Ramadhan menjelang Lebaran yang diperkirakan akan jatuh pada 5 Juni 2019.

Penulis: DAW
Editor: KAD


TAGS

#DJKI

LIPUTAN TERKAIT

DJKI Gelar Bimbingan Teknis Guna Menguatkan Dasar-Dasar Kekayaan Intelektual Pegawai

Sebagai upaya meningkatkan profesionalisme para pegawai, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Dasar – Dasar Kekayaan Intelektual (KI) yang dilaksanakan pada tanggal 5 s.d. 8 Juli 2022 bertempat di di Discovery Kartika Plaza Hotel, Bali.

5 Juli 2022

Maksimalkan Kinerja Pemeriksa Paten, Merek, dan Desain Industri, DJKI Gelar Penghitungan Angka Kredit

Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam suatu satuan organisasi. Dalam pelaksanaannya, tugas JFT didasarkan pada keahlian dan atau keterampilan tertentu, serta bersifat mandiri, di mana kenaikan pangkatnya disyaratkan dengan angka kredit.

5 Juli 2022

Wujudkan Sistem Proses Bisnis Permohonan Paten yang Cepat, Efektif, dan Efisien. DJKI Gelar pembahasan dengan Pakar Terkait Penyelesaian Data Paten


Jakarta-Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) melalui Direktorat Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, dan Rahasia Dagang menggelar kegiatan pembahasan dengan pakar terkait penyelesaian data paten pada tanggal 5 s.d 8 Juli 2022 di Hotel Le Meridien, Jakarta. 

Dalam sambutannya, Dede Mia Yusanti selaku Direktur Teknologi Informasi Kekayaan Intelektual menyampaikan bahwa perlu adanya koordinasi antar lini demi mewujudkan sistem proses bisnis permohonan paten yang cepat, efektif, dan efisien. 


5 Juli 2022

Selengkapnya