Lindungi Karya Anak Bangsa, DJKI Jalin Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia

Yogyakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menyelenggarakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Tentang Pusat Dukungan Teknologi dan Inovasi serta Implementasi Kerja Sama DJKI dengan Perguruan Tinggi/Kementerian/Lembaga di Hotel Tentrem, Yogyakarta pada Selasa (10/03/2020).

Perjanjian kerjasama ini dilaksanakan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI), Freddy Harris dengan melibatkan 26 Perguruan Tinggi di Indonesia dan 1 Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Selain perjanjian di atas, diselenggarakan pula penandatanganan perjanjian kerja sama antara DJKI dengan dua perguruan tinggi tentang Pelindungan dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual, Universitas Lampung dan Universitas Halu Oleo.

Hasil perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan pendaftaran KI dari perguruan tinggi. Dalam sambutannya, Freddy Harris juga memberikan kesempatan bagi para perguruan tinggi untuk mengundang beliau menjadi pembicara tentang KI agar dapat memberikan motivasi lebih untuk meningkatkan pendaftaran.

Selain penandatangan perjanjian kerjasama di Hotel Tentrem, Dirjen KI juga melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara DJKI dengan sepuluh perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y) serta Pemerintah Daerah Provinsi D.I.Y yang dilaksanakan di Grha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dirjen KI berkesempatan untuk memberikan kuliah umum yang bertajuk “Kekayaan Intelektual dan Perlindungan Inovasi” di GSP UGM yang dilaksanakan setelah penyerahan sembilan belas Sertifikat Paten dari perguruan tinggi di Yogyakarta.

Kuliah umum yang terselenggara berkat kerjasama antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM D.I.Y, DJKI dan UGM ini telah dihadiri kurang lebih 1000 peserta akademisi dari seluruh fakultas di UGM dan masyarakat umum yang telah mendaftarkan diri. Acara kuliah umum ini diharapkan dapat mendorong para akademisi untuk memulai menciptakan karya mulai dari hal yang terdekat.

“Apabila dirasa sulit, ciptakan saja dari hal-hal di sekitar kita”, ujar Freddy Harris saat memberikan penjelasan tentang paten-paten sederhana yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Dalam kesempatan ini, DJKI juga menyerahkan sertifikat Indikasi Geografis (IG) berupa batik Nitik yang terdapat di Yogyakarta. Pemberian pelindungan terhadap IG merupakan salah satu langkah DJKI untuk melindungi warisan budaya Indonesia, hal ini selaras dengan penetapan tahun 2020 menjadi tahun Kekayaan Intelektual Komunal.

Penulis: DAW
Editor: KAD


TAGS

#Merek

LIPUTAN TERKAIT

Tutup Evaluasi Kinerja 2022, DJKI Berkomitmen Laksanakan Action Plan 2023

Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sesditjen KI) Sucipto menyatakan jajarannya berkomitmen untuk melaksanakan Action Plan 2023. Action Plan ini merupakan hasil dari evaluasi kinerja DJKI 2022 yang dilaksanakan pada 28 November - 1 Desember 2023 di InterContinental Pondok Indah Jakarta.

Rabu, 30 November 2022

DJKI Berhasil Capai Nilai Tinggi dalam Indeks Reformasi Birokrasi dan SAKIP

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) berhasil meraih nilai 99,08 dalam Indeks Reformasi Birokrasi yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi. Hal ini karena tercapainya target kinerja DJKI pada 2022.

Rabu, 30 November 2022

Inspektur Wilayah V Apresiasi Hasil Capaian Kinerja DJKI Tahun 2022

Inspektur WIlayah V Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Marasidin mengapresiasi hasil kinerja capaian Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. DJKI mendapatkan nilai SAKIP yang tinggi karena terpenuhinya capaian dari target yang telah ditetapkan dari rencana kinerja di awal tahun 2022. Capaian yang diraih di antaranya di bidang perencanaan kinerja unit organisasi, pengukuran kinerja yang dapat terukur, pelaporan kinerja yang telah dicapai, dan evaluasi kinerja.

Selasa, 29 November 2022

Selengkapnya