Kemeriahan Opening Ceremony Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno

Jakarta telah berhasil memukau dunia dengan memadukan pertunjukan budaya Indonesia dan teknologi yang canggih nan megah.

Unsur Kekayaan intelektual yang berbasis kepada ekspresi budaya tradisional pun nampak dari tari-tarian dari Sabang-Merauke yang dimainkan oleh ribuan penari. Salah satunya adalah Tari Ratoh Jaroe dari Aceh yang dibawakan 1.600 penari dari 18 SMA se-DKI Jakarta. Tari Ratoh Jaroe mirip dengan Tari Saman. Perbedaannya tari ini dibawakan penari wanita berjumlah genap, sedangkan Tari Saman dibawakan penari pria berjumlah ganjil. Koreografer Denny Malik dan Eko Supriyanto sukses merangkai tarian-tarian daerah itu menjadi pertunjukan yang apik dan megah.

Indonesia kaya akan Kekayaan Intelektual Komunal yang harus dijaga dan dilestarikan. Kita harus berbangga dengan karya intelektual anak bangsa. Pemanfaatan teknologi dan inovasi dunia hiburan seperti pembukaan Asian Games 2018, merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan Kekayaan Intelektual Komunal Indonesia pada dunia internasional.

Foto oleh @masagungwilis - jakarta globe


TAGS

#DJKI

LIPUTAN TERKAIT

Tekan Jumlah Pengangguran di Gorontalo Melalui Peningkatan Pelindungan KI

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi perekonomian Indonesia, oleh sebab itu pemerintah berupaya penuh untuk melakukan pemulihan ekonomi nasional melalui berbagai sektor, salah satunya melalui pelindungan kekayaan intelektual (KI).

18 Mei 2022

Mobile Intellectual Property Clinic di Kota Bandung Berikan Insight Kepada Pelaku UKM

“Datang kesini, saya jadi mendapatkan pencerahan untuk inovasi tersebut saya mendapatkan insight juga, jadi sekarang saya tahu bagian mana yang harus dipatenkan, bagian mana yang kita buat dan yang harus kita modif,” kata Muhammad Jatnika, seorang pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Bandung

18 Mei 2022

Mengedepankan Kualitas dan Kuantitas KI di Kalimantan Tengah Melalui MIC

Provinsi Kalimantan Tengah merupakan salah satu wilayah yang kaya akan sumber daya alam, karya seni, maupun warisan budaya yang berpotensi memiliki nilai kekayaan intelektual (KI).

17 Mei 2022

Selengkapnya