INACRAFT 2023 Jadi Ajang Temu MPIG Dengan Masyarakat

Jakarta - Pameran yang ditunggu-tunggu oleh para pembeli ataupun peminat handicraft, INACRAFT (The Jakarta International Handicraft Trade Fair) hadir di Jakarta Convention Center dari tanggal 1 s.d. 5 Maret 2023.

Pada kesempatan yang baik ini, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) turut berpartisipasi meramaikan acara tersebut dengan membuka stan pameran bertemakan “Jelajah Indikasi Geografis Indonesia”.

Hal ini merupakan salah satu upaya serta wujud nyata DJKI dalam mempromosikan hasil produk Masyarakat Pelindungan Indikasi Geografis (MPIG) serta memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai produk Indikasi Geografis.

“Seperti yang diketahui, INACRAFT merupakan pameran kerajinan terbesar di Asia, oleh sebab itu Kemenkumham, melalui DJKI, pada kesempatan yang baik ini ingin memperkenalkan produk-produk khas Indonesia dengan tema Jelajah Indikasi Geografis Indonesia,” ujar Kurniaman Telaumbanua selaku Direktur Merek dan Indikasi Geografis.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan bahwa selain merupakan rangkaian kegiatan dari Hari Kekayaan Intelektual Sedunia, acara ini juga berperan sebagai sarana DJKI untuk para MPIG dalam memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat terkait produk mereka. Tidak hanya itu, acara ini juga menjadi ajang temu bagi MPIG dengan calon pembeli. 

“Kami mengapresiasi DJKI untuk memajukan produk-produk Indikasi Geografis (IG) terdaftar,” ujar Tatang Sumarna, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian, Perdagangan (Diskoperindag).

Menurutnya, apa yang dilakukan setelah IG terdaftar juga merupakan hal yang penting. Sehingga produk yang sudah terdaftar tidak hanya sebatas didaftar, tetapi juga dikenal luas oleh masyarakat. 

Adapun keuntungan jika IG terdaftar di antaranya itu adanya jaminan originalitas produk dan jaminan standar kualitas sesuai dokumen deskripsi, terjaminnya pengawasan terhadap penyalahgunaan terhadap label IG terdaftar, serta pemakaian label IG bisa menjadi salah satu sarana promosi yang dapat memberikan nilai tambah produk.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan KI, Sri Lastami berkesempatan menyerahkan penghargaan pada acara INACRAFT AWARDS 2023 untuk kategori Metal, yaitu produk Madang geden oleh Editha artcraft. 

Pada kategori tesebut memperhatikan penilaian pada teknik melelehkan, meleburkan bahan dasar logam lalu mencetak, membentuk, mengecor, memanaskan, menempelkan, menyatukan dengan berbagai teknik yang ada menjadi suatu fungsi produk.

Sebagai informasi, pada kegiatan tersebut beberapa perwakilan MPIG hadir langsung dan berinteraksi serta mengedukasi masyarakat yang mengunjungi stan pameran DJKI. Tidak hanya itu, salah satu pemilik MPIG juga memberikan sample kopi gratis kepada para pengunjung dengan tujuan agar masyarakat bisa merasakan langsung kualitas tinggi dari produk kopi tanah air. (SAS/VER)



LIPUTAN TERKAIT

DJKI Gelar Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di Lingkungan DJKI

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar kegiatan Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di lingkungan DJKI pada Selasa, 16 April 2024, di Aula Oemar Seno Adjie, Gedung Eks Sentra Mulia, Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

Jadikan Momentum Introspeksi dan Evaluasi Diri, Kemenkumham Gelar Apel dan Halal Bihalal Idulfitri 1445 Hijriah

Untuk mengawali kerja pasca libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar apel pagi sekaligus halal bihalal secara hybrid yang dilaksanakan pada Senin, 16 April 2024 di Lapangan Upacara Kemenkumham Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

DJKI Rencana Selenggarakan Geographic Indication Forum Juni 2024

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM berupaya serius untuk meningkatkan pendaftaran produk indikasi geografis demi meningkatnya kesejahteraan ekonomi dari daerah. Sejalan dengan pencanangan Tahun Indikasi Geografis 2024, Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Kurniaman Telaumbanua menyatakan pihaknya berencana akan menyelenggarakan Geographic Indication Forum pada Juni 2024 di Jakarta.

Selasa, 2 April 2024

Selengkapnya