Gelar Yasonna Mendengar, DJKI Bertemu Walikota Surakarta

Surakarta yang berjuluk ‘The Spirit of Java’ selalu menghadirkan budaya Jawa di setiap sudut kotanya. Tak hanya itu, beragam pagelaran seni pertunjukan dan festival budaya juga rutin di gelar di kota ini. Banyak pelaku seni tradisi dan kontemporer yang mengambil inspirasi dari ekspresi budaya tradisional yang lahir dari kota ini. Maka tak salah jika Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) berencana menggelar ‘Yasonna Mendengar’ di Surakarta.




“Selain potensi kekayaan intelektual (KI) komunalnya yang luar biasa, jumlah pencatatan hak cipta, pendaftaran paten, merek, serta desain industri pada tahun 2021 juga meningkat 38,8% dibandingkan tahun sebelumnya”, kata Plt. Direktur Jenderal KI Razilu saat bertemu dengan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming di Balai Kota Surakarta.




Pada kesempatan ini, DJKI mengajak Pemerintah Daerah Kota Surakarta untuk berkolaborasi dalam menyelenggarakan event Yasonna Mendengar yang merupakan salah satu program unggulan DJKI di tahun 2022.

Melalui kegiatan ini, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly akan mendengarkan dan berdiskusi lebih dekat dengan komunitas dan para pelaku ekonomi kreatif di Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Hal ini bertujuan agar Kemenkumham dan DJKI bisa menghasilkan produk-produk hukum dan pelayanan publik yang efektif dan relevan.


LIPUTAN TERKAIT

Upaya DJKI Mudahkan Pelayanan Permohonan Paten melalui Sistem Aplikasi Paten

Di era 5.0, pemanfaatan teknologi sudah banyak digunakan di setiap aspek kehidupan. Untuk itu, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) terus melakukan inovasi dalam memenuhi kebutuhan layanan kekayaan intelektual (KI), salah satunya dengan fitur sistem permohonan KI online.

Jumat, 3 Februari 2023

Pencanangan IP Tourism di Kepri, DJKI Dorong Pendaftaran Merek Kolektif

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menggelar audiensi dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kepulauan Riau (Kepri) terkait penyelenggaraan program Intellectual Property Tourism (IP Tourism) kedua pada Jumat, 3 Februari 2023 di Ruang Rapat Ali Said lantai 17 Gedung Eks Sentra Mulia.

Jumat, 3 Februari 2023

Sertifikasi Pusat Perbelanjaan Berbasis KI Lebih dari Sertifikasi Biasa

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa terus berupaya mengeluarkan Indonesia dari status Priority Watch List (PWL) yang telah membelenggu beberapa tahun belakangan ini. Salah satu wujud nyata yang dilakukan oleh DJKI, yaitu melalui program Sertifikasi Pusat Perbelanjaan Berbasis KI yang diselenggarakan se-Indonesia.

Kamis, 2 Februari 2023

Selengkapnya