DJKI Permudah Masyarakat Daftarkan Kekayaan Intelektual pada AKHKI Expo

Jakarta - Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual (AKHKI) bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) mengadakan kegiatan AKHKI Expo World IP Day 2023 yang digelar hari ini pada Atrium Sarinah Thamrin.

"Expo ini dilaksanakan salah satunya untuk mendorong usaha mikro kecil menengah (UMKM) memanfaatkan sistem kekayaan intelektual (KI) untuk melindungi dan memberikan nilai tambah pada hasil kreasi dan inovasinya," ujar Direktur Kerjasama dan Pemberdayaan, Sri Lastami pada AKHKI Expo 2023, Jumat, 26 Mei 2023.

Expo ini dilaksanakan dalam rangka Hari Kekayaan Intelektual yang jatuh pada setiap tanggal 26 April. Agenda kegiatan expo ini berupa konsultasi mengenai pendaftaran perlindungan kekayaan intelektual secara gratis dan talkshow yang berisikan sosialisasi perlindungan KI. Para konsultan KI turut berperan dalam perlindungan kekayaan intelektual masyarakat.

Terdapat sembilan booth di dalam expo ini yang terdiri dari booth konsultan - konsultan KI, booth AKHKI dan booth DJKI.

Sebagai informasi Konsultan KI adalah orang yang memiliki keahlian di bidang kekayaan intelektual, secara khusus memberikan jasa di bidang pengajuan dan pengurusan kekayaan intelektual berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 100 tahun 2021 tentang konsultan kekayaan intelektual.

DJKI sebagai pembina konsultan KI dalam hal ini yang terdaftar sebagai AKHKI turut berperan dalam peningkatan kualitas maupun kuantitas untuk permohonan KI di Indonesia.

Konsultan KI yang tergabung dalam AKHKI merupakan mitra kerja yang turut serta membantu DJKI Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meraih capaian-capaian kinerja dengan memberikan konsultasi dan panduan perlindungan KI kepada masyarakat.

Dalam expo kali ini juga menghadirkan pembicara pada talkshow. Agung Indryanto, Koordinator Pemeriksaan Merek DJKI berkesempatan memberikan sosialisasi serta panduan dalam perlindungan merek.

"Penting sebelum usaha, masyarakat agar mengurus aspek legal yaitu pendaftaran KI dan diharapkan melalui acara ini kesadaran terbangun akan pentingnya perlindungan KI, segera konsultasikan dengan petugas DJKI dan konsultan yang ada disini secara gratis," tutup Agung.

Sebagai tambahan informasi jumlah konsultan KI terdaftar pada database di DJKI berjumlah 1.102 di seluruh Indonesia. Masyarakat yang ingin berkonsultasi dengan konsultan dapat menelusuri laman https://pdkki.dgip.go.id/pages/index_



LIPUTAN TERKAIT

Mudik Aman dan Berkah, Yasonna Lepas Keberangkatan Para Abdi Negara dengan 28 Bus

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa mudik merupakan momen penting yang selalu ditunggu ketika bulan Ramadan akan mencapai akhirnya. Perjalanan pulang kampung yang dilakukan bukan hanya sekedar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual dalam rangka mencari kebersamaan yang membahagiakan diri di hari kemenangan.

Jumat, 5 April 2024

Menkumham Yasonna Lantik Pejabat Eselon I dan II Baru di Lingkungan Kemenkumham

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, melantik sejumlah pejabat baru pada Jumat, 5 Maret 2024 di Graha Pengayoman, Jakarta Selatan. Di antara para pejabat yang dilantik yakni Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sekretaris DJKI) dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Jumat, 5 April 2024

DJKI Kembalikan 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), dalam hal ini Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Kekayaan Intelektual (KI) Anom Wibowo menyerahkan barang bukti sebanyak 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo pada Kamis, 4 April 2024, di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Surabaya.

Jumat, 5 April 2024

Selengkapnya