DJKI Jajaki Kerja Sama Untuk Pengembangan Pemeriksaan Paten di Indonesia

Jenewa, Swiss - Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST), dan Rahasia Dagang (RD) Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Yasmon menggelar pertemuan dengan Lutz Mailänder Head Cooperation on Examination and Training Section, Patent Cooperation Treaty (PCT) International Cooperation Division World Intellectual Property (WIPO).

Pertemuan ini diselenggarakan di sela-sela pertemuan ke-34 Standing Committee on The Law of Patents (SCP) yang berlangsung sejak tanggal 26 hingga 30 September 2022 di Kantor Pusat WIPO, Jenewa, Swiss.

“Pertemuan ini salah satu langkah nyata untuk meningkatkan kapasitas bagi para pemeriksa paten DJKI melalui pelatihan-pelatihan di WIPO terkait work sharing,” ujar Yasmon.

Yasmon menginginkan adanya peningkatan kemampuan para pemeriksa paten DJKI, terutama untuk bidang teknologi yang mencakup artificial intelligent (AI), nanotechnology, dan biotechnology yang saat ini tengah berkembang pesat di seluruh dunia.

“Selain itu, peningkatan kapasitas ini juga diharapkan agar pemeriksa paten juga dapat menjadi saksi ahli dalam persidangan di pengadilan terkait paten,” tambah Yasmon.

Dalam kesempatan tersebut, Mailänder mengharapkan supaya Indonesia dapat menghadiri pertemuan ke-15 PCT Working Group yang rencananya akan diadakan secara hibrid di kantor pusat WIPO, Jenewa pada 3 sampai dengan 7 Oktober 2022.

Menurutnya, melalui kegiatan tersebut, Indonesia dapat menyampaikan kebutuhan-kebutuhan serta dukungan untuk penyelenggaraan kegiatan pelatihan bagi para pemeriksa paten di Indonesia. 

“Pertemuan ini akan memberikan banyak informasi tentang perkembangan pemeriksaan paten di dunia, sehingga dapat menjadi tempat untuk saling bertukar ilmu antar pemeriksa paten,” pungkas Mailänder. (daw/dit)



TAGS

#Paten #WIPO

LIPUTAN TERKAIT

Dorong Semangat Inventor Lindungi Invensi, Patent One Stop Service Hadir di Sulawesi Tengah

Dalam mendukung optimalisasi pengembangan potensi kekayaan intelektual (KI) yang ada di Sulawesi Tengah, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulawesi Tengah menggelar kegiatan Patent One Stop Service (POSS) yang dilaksanakan di Universitas Tadulako Palu pada tanggal 24 s.d. 27 April 2024.

Kamis, 25 April 2024

Tingkatkan Penjualan Produk Melalui GI Goes to Marketplace

Kabupaten Magelang - Rangkaian kegiatan Geographical Indication (GI) Goes to Marketplace memasuki hari kedua. Program unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM di tahun 2024 ini kembali menghadirkan narasumber dan fasilitator dari Shop | Tokopedia (pada aplikasi TikTok).

Rabu, 24 April 2024

DJKI Yakin Potensi Paten di Jawa Timur Tinggi

Jawa Timur menjadi provinsi ke sembilan pelaksanaan Patent One Stop Service dari total 33 provinsi yang akan disambangi DJKI. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur pada Selasa, 23 April 2024.

Selasa, 23 April 2024

Selengkapnya