DJKI Harap Inventor, Kreator, dan Pengusaha Muda Dukung Pembangunan Nasional

Jakarta - Sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional di saat memasuki situasi endemi saat ini, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM  (Kemenkumham) terus berkomitmen memberikan pelayanan publik terbaik. tujuannya adalah meningkatkan penciptaan karya, memberikan pelindungan kekayaan intelektual (KI), hingga pada penegakan hukumnya. 




“Terlaksananya keberhasilan DJKI dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta pencapaian target kinerja ini hasil dari kerja sama dan bekerja sama yang baik oleh kita semua dan Allah SWT,” ujar Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual pada acara Tasyakuran dalam Rangka Peringatan Hari KI pada Jumat, 3 Juni 2022 di Aula Oemar Seno Adjie Gedung Sentra Mulia.

Mengutip Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly, pada Peringatan Hari KI Tahun 2022 yang lalu, pemikiran anak muda yang inovatif, energik, dan kreatif dapat menggerakkan dunia ke arah perubahan yang positif.




“Harapannya untuk para inventor, kreator, dan pengusaha muda dapat menggunakan hak kekayaan intelektual untuk mencapai tujuan mereka, menghasilkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, mengatasi tantangan global, serta mendukung pembangunan nasional,” tutur Direktur Teknologi Informasi KI selaku Ketua Panitia Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2022, Dede Mia Yusanti. 


Pada Puncak Peringatan Hari KI Sedunia 2022 yang bertema ‘Memacu Kreativitas dan Inovasi untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional’ ini, Yasonna berharap anak muda lebih terstimulus menghasilkan kreasi dan inovasi agar semakin banyak lahir kreator dan inventor Indonesia yang mampu bersaing di level internasional dan mengharumkan nama bangsa.




Adapun, rangkaian kegiatan yang telah terlaksana adalah DJKI Peduli, launching Persetujuan Otomatis Pencatatan Hak Cipta pada Roving Seminar KI di Sumatera Utara, ‘Yasonna Mendengar’, acara Puncak Peringatan Hari KI Sedunia tahun 2022, penghargaan Menteri Hukum dan HAM diberikan kepada stakeholder dengan permohonan KI terbanyak, dan Peluncuran Logo Baru Indikasi Geografis dan Aplikasi IP Marketplace.


Selain itu, sedang terselenggara pula kegiatan Webinar Hak Cipta sepanjang tahun 2022 di setiap bulannya, kegiatan yang telah dilaksanakan sebanyak lima kali pada bulan Januari s.d Mei telah mampu menjaring 4.200 peserta , dan kegiatan DJKI Aktif Mengajar

“Berbagai rangkaian kegiatan juga dalam peringatan hari KI sedunia telah dilaksanakan dengan sukses ini adalah buah manis hasil kerja bersama,” pungkas Dede.  (ver/kad)


TAGS

#Menkumham

LIPUTAN TERKAIT

Pengajuan Banding sebagai Usaha Mempertahankan Merek

Dalam pengajuan pelindungan merek, permohonan dari masyarakat bisa saja mendapatkan penolakan dari pemeriksa merek Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

19 Agustus 2022

Plt. Dirjen KI dan Sesditjen KI Dapat Penghargaan Karya Dhika Kemenkumham

Plt. Dirjen KI dan Sesditjen KI mendapat penghargaan Karya Dhika Kemenkumham 2022 di acara malam Tasyakuran Hari Dharma Karyadhika ke 77 yang berlangsung di Hotel Sultan Jakarta, Senayan, Kamis, 18 Agustus 2022.

18 Agustus 2022

DJKI Kini Punya Aplikasi Pemantau Kinerja Pegawai

Di era teknologi informasi yang berkembang sangat pesat ini, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) terus melakukan inovasi, salah satunya dengan menciptakan aplikasi yang dapat menilai kinerja pegawai, yaitu e-Performance. 

18 Agustus 2022

Selengkapnya