DJKI Hadiri Pertemuan ke-69 AWGIPC

Bohol - Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) ikut dalam pembahasan Harmonisasi Persyaratan untuk Desain Industri dalam pertemuan paripurna ASEAN Working Group on Intellectual Property Cooperation (AWGIPC) ke 69 di Bohol, Filipina, pada Jumat, 17 Maret 2023.

“Pada pertemuan ini, pembahasan harmonisasi persyaratan desain industri kita lakukan dengan dukungan World Intellectual Property Organization (WIPO). Kajian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dalam persyaratan formalitas dalam sistem desain industri di ASEAN dan memformulasikan rekomendasi untuk harmonisasi yang mungkin dilakukan,” ujar Sri Lastami, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan KI selaku pemimpin delegasi Indonesia. 

Kajian ini diadakan dalam upaya menuju integrasi masyarakat ekonomi ASEAN. Kajian ini dilakukan dengan dukungan dari WIPO dalam kolaborasi dengan ASEAN Secretariat dan The ASEAN Industrial Task Force (IDTF). 

Tidak hanya itu, Lastami juga menjabarkan bahwa Prioritas Tahunan AWGIPC Tahun 2023 juga mencakup kajian tentang E-Commerce Gap Analysis serta Hak Cipta dan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK).

“Sampai Maret 2023  sebanyak 75% program kerja telah tercapai, 20% sedang dalam proses, dan 5% belum dimulai. Program yang belum terlaksana salah satunya adalah mengembangkan database sumber daya genetik dan pengetahuan tradisional (SDGPT),” tambah Direktur Teknologi Kekayaan Intelektual Dede Mia Yusanti yang juga hadir pada kesempatan yang sama. 

Sebagai informasi, Indonesia ditunjuk sebagai country champion untuk pengembangan SDGPT. Indonesia juga masih menunggu negara lain yang juga ingin berkontribusi pada pelaksanaan program ini. 

China National Intellectual Property Administration (CNIPA) telah memberikan signal positif untuk turut memberi dukungan kepada negara-negara ASEAN dalam menyukseskan program ini,” pungkas Lastami.

Pada kesempatan yang sama telah dilaksanakan serah terima Ketua AWGIPC dari Atty. Rowel S. Barba yang telah menjadi Ketua AWGIPC sejak tahun 2021 sampai dengan Maret 2023 (AWGIPC ke-69) kepada Santisouk Phounsavath. Phounsavath akan menjadi Ketua AWGIPC mulai September nanti di Singapura hingga 2 tahun mendatang. (kad/dit)



LIPUTAN TERKAIT

Mudik Aman dan Berkah, Yasonna Lepas Keberangkatan Para Abdi Negara dengan 28 Bus

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa mudik merupakan momen penting yang selalu ditunggu ketika bulan Ramadan akan mencapai akhirnya. Perjalanan pulang kampung yang dilakukan bukan hanya sekedar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual dalam rangka mencari kebersamaan yang membahagiakan diri di hari kemenangan.

Jumat, 5 April 2024

Menkumham Yasonna Lantik Pejabat Eselon I dan II Baru di Lingkungan Kemenkumham

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, melantik sejumlah pejabat baru pada Jumat, 5 Maret 2024 di Graha Pengayoman, Jakarta Selatan. Di antara para pejabat yang dilantik yakni Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sekretaris DJKI) dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Jumat, 5 April 2024

DJKI Kembalikan 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), dalam hal ini Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Kekayaan Intelektual (KI) Anom Wibowo menyerahkan barang bukti sebanyak 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo pada Kamis, 4 April 2024, di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Surabaya.

Jumat, 5 April 2024

Selengkapnya