DJKI Gelar Konsultasi Teknis Permohonan Desain Industri Online di Sumatera Barat

Bukittinggi – Dalam rangka meningkatkan permohonan Desain Industri (DI), Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menggelar Konsultasi Teknis Permohonan DI Online, bertempat di The Balcone Hotel & Resort, Selasa, 6 Juni 2023.

“Secara khusus perlu disampaikan bahwa, aspek substantif merupakan aspek yang krusial dalam menentukan berhasil atau tidaknya suatu permohonan untuk mendapatkan hak miliknya,” ujar Pelaksana Tugas Koordinator Pemeriksaan Desain Industri Syahdi Hadiyanto dalam sambutannya.

“Oleh sebab itu, permohonan yang diajukan harus diperhatikan kembali apakah dapat memenuhi ketentuan berupa kebaruan serta tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku,” lanjutnya. 

Sumatera Barat memiliki beraneka ragam jenis kekayaan intelektual (KI), salah satunya dalam bidang DI. Potensi yang dimiliki oleh Sumatera Barat ini harus diberdayakan, melalui konsultasi teknis yang dilakukan oleh DJKI.

“Kita akan dukung program-program seperti ini. Jika ada, kita akan melakukan insentif untuk permohonan hak cipta atau saat ini desain industri,” ujar Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang Febri Yulika. 

“Harapannya, seluruh peserta yang hadir pada saat ini dapat mendaftarkan karyanya, sehingga lahirlah 80 desain industri dari Padangpanjang di tahun ini. Itu yang harus jadi pengantarnya,” lanjutnya.

Sejalan dengan hal tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat Haris Sukamto juga menyampaikan harapannya agar Sumatera Barat bisa menjadi wilayah nomor satu, bukan hanya sekedar di pulau Sumatera saja, tetapi dari seluruh wilayah di Indonesia.

“Harapan saya apa yang dilaksanakan DJKI pada hari ini dapat memberikan yang terbaik untuk Sumatera Barat. Tidak hanya itu, saya juga berpesan agar kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini dan bisa berlanjut sampai nanti,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut, selain melakukan konsultasi teknis terkait permohonan desain industri secara online kepada 80 peserta dari ISI Padangpanjang, juga dilakukan pemaparan materi terkait dengan pengertian dari DI dan alur proses bisnis sampai dengan dilindunginya DI. (SAS/KAD)



LIPUTAN TERKAIT

Mudik Aman dan Berkah, Yasonna Lepas Keberangkatan Para Abdi Negara dengan 28 Bus

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa mudik merupakan momen penting yang selalu ditunggu ketika bulan Ramadan akan mencapai akhirnya. Perjalanan pulang kampung yang dilakukan bukan hanya sekedar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual dalam rangka mencari kebersamaan yang membahagiakan diri di hari kemenangan.

Jumat, 5 April 2024

Menkumham Yasonna Lantik Pejabat Eselon I dan II Baru di Lingkungan Kemenkumham

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, melantik sejumlah pejabat baru pada Jumat, 5 Maret 2024 di Graha Pengayoman, Jakarta Selatan. Di antara para pejabat yang dilantik yakni Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sekretaris DJKI) dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Jumat, 5 April 2024

DJKI Kembalikan 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), dalam hal ini Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Kekayaan Intelektual (KI) Anom Wibowo menyerahkan barang bukti sebanyak 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo pada Kamis, 4 April 2024, di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Surabaya.

Jumat, 5 April 2024

Selengkapnya