DJKI Akan Perkuat Kembali Kerja Sama Dengan European Patent Office

Jenewa - Sejak dibukanya Sidang Umum World Intellectual Property Organization (WIPO) ke-59 pada Senin lalu, sederet pertemuan bilateral dilakukan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Kantor Kekayaan Intelektual negara lain yang hadir pada gelaran tahunan ini.

Kali ini DJKI yang dipimpin Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Freddy Harris melakukan pertemuan bilateral dengan European Patent Office (EPO) yang juga dihadiri oleh Presiden EPO, Antonio Campinos selaku pimpinan tertinggi dari EPO. Pertemuan bilateral itu berlangsung di Hotel President Wilson, Jenewa, Swiss, Kamis (3/10/2019).

DJKI dengan EPO sebelumnya sempat menjalin kerja sama pada 22 September 2014 lalu dan berakhir di tahun 2018. Melihat hal tersebut, DJKI berencana akan kembali memperkuat kerja sama tersebut.

“DJKI akan melakukan kunjungan kerja ke Kantor EPO untuk membahas kerja sama ini,” ucap Freddy Harris saat pertemuan berlangsung.

Rencananya kerja sama ini akan memuat beberapa hal yang dapat meningkatkan pemeriksaan KI, khusus paten di DJKI. Diantara point utama kerja sama tersebut yaitu,

Upaya mengembangkan sistem paten dikedua belah pihak, sebagai alat yang tepat untuk mendorong tumbuhnya ekonomi yang digerakkan oleh inovasi;Upaya meningkatkan kualitas dan efisiensi pelaksanaan penelusuran dan pemeriksaan paten;Upaya meningkatkan akses terhadap informasi paten dan sosialisasi paten;Upaya meningkatkan pemanfaatan Patent Cooperation Treaty (PCT) dan membuat pelatihan penggunaan prosedur PCT;Diberikannya akses untuk pemanfaatan EPOQUE Net yang dimiliki EPO;Dan rencana pelatihan untuk pemeriksa paten DJKI.“Alat ini dapat membatu para pemeriksa kekayaan intelektual, untuk proses pencarian data dan sebagai pertimbangan pemberian hak kekayaan intelektualnya, EPOQUE Net milik EPO dirasa sangat baik untuk dapat digunakan di DJKI,” ujar Freddy Harris.

Penulis: KAD
Editor: AMH


LIPUTAN TERKAIT

Berpotensi Besar dalam KI, 30 Persen Masyarakat Bandung Diperkirakan Seniman

Jawa Barat menjadi Provinsi ke-5 penyelenggaraan Mobile Intellectual Property Clinic 

17 Mei 2022

Langkah Melancarkan Pendaftaran Pelindungan Merek di DJKI Kemenkumham

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) seringkali menemukan masyarakat yang kesulitan dalam melakukan proses pendaftaran.

13 Mei 2022

DJKI Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Indikasi Geografis Melalui IGIS 2022

Indonesia adalah negara yang kaya akan produk-produk potensi Indikasi Geografis (IG) berupa sumber daya alam. Kekayaan ini dapat dijadikan aset dan dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian negara.

13 Mei 2022

Selengkapnya