Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Raih Predikat Zona Integritas Menuju WBK/WBBM

Jakarta - Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri yang dinaungi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani 2019. Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo di Ballroom Bidakara, pada Selasa 9 Desember 2019.

Mengutip situs resmi KemenpanRB, WBK/WBBM merupakan predikat yang diberikan kepada unit-unit kerja pelayanan yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen kuat untuk memberantas korupsi serta peningkatan pelayanan melalui reformasi birokrasi. Unit kerja pelayanan tersebut, dapat menjadi contoh yang dapat menularkan virus-virus reformasi dan perbaikan tata kelola kepada unit kerja pelayanan lainnya.

Sementara itu, mewakili Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly, Sekretaris Jenderal Bambang Rantam Sariwanto mendampingi MenpanRB Tjahjo Kumolo dalam penyerahan anugerah tersebut kepada Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Freddy Harris.

Penghargaan ini hanyalah satu dari 43 penghargaan lainnya yang diterima Kemenkumham. Kemenkumham memborong 44  predikat WBK/WBBM untuk unit unit kerjanya. Angka signifikan itulah yang memungkinkan Menkumham menerima apresiasi sebagai pimpinan pembawa perubahan dari Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin.

Wapres menghimbau para penerima anugerah dan ASN untuk tidak cepat berpuas diri dan senantiasa berinovasi dengan menggunakan teknologi informasi. Pembangunan integritas di wilayah pemerintahan juga dinilai Wapres sebagai langkah yang tepat dalam mensukseskan program program yang dijanjikannya selama lima tahun ke depan.

"Sukses atau tidaknya agenda agenda pembangunan yang diusung presiden bergantung pada keberhasilan reformasi dan birokrasi di instansi dan lembaga, utamanya di unit pelayanan yang berdampak secara langsung pada masyarakat dan dunia usaha," kata K.H. Ma'ruf Amin pada sambutannya.

Sebagai informasi, acara ini digelar bertepatan dengan dengan Hari Anti Korupsi Internasional. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)  memberi penghargaan kepada 506 unit kerja dari 63 instansi pemerintah yang berhasil membangun Zona Integritas.

Penghargaan diberikan kepada 16 pimpinan kementerian/lembaga/pemda yang berhasil membangun zona integritas secara massive sehingga mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Sebelumnya, Kementerian ini telah mengusulkan 135 satker untuk mendapatkan predikat tersebut.

Penulis: DAW
Editor: KAD


LIPUTAN TERKAIT

Mudik Aman dan Berkah, Yasonna Lepas Keberangkatan Para Abdi Negara dengan 28 Bus

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa mudik merupakan momen penting yang selalu ditunggu ketika bulan Ramadan akan mencapai akhirnya. Perjalanan pulang kampung yang dilakukan bukan hanya sekedar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual dalam rangka mencari kebersamaan yang membahagiakan diri di hari kemenangan.

Jumat, 5 April 2024

Menkumham Yasonna Lantik Pejabat Eselon I dan II Baru di Lingkungan Kemenkumham

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, melantik sejumlah pejabat baru pada Jumat, 5 Maret 2024 di Graha Pengayoman, Jakarta Selatan. Di antara para pejabat yang dilantik yakni Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sekretaris DJKI) dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Jumat, 5 April 2024

DJKI Kembalikan 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), dalam hal ini Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Kekayaan Intelektual (KI) Anom Wibowo menyerahkan barang bukti sebanyak 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo pada Kamis, 4 April 2024, di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Surabaya.

Jumat, 5 April 2024

Selengkapnya