Dilirik Christian Dior, Tenun Ulos Tapanuli Lindungi Kekayaan Intelektualnya

Jakarta - Dalam rangka mendorong pelindungan potensi Tenun Ulos Kabupaten Tapanuli Utara, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tapanuli Utara Satika Simamora melakukan audiensi ke Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) pada Senin, 6 Maret 2023 di Kantor DJKI. 

Pada pertemuan ini Satika menyampaikan bahwa Kabupaten Tapanuli Utara memiliki potensi tenun, yaitu Tenun Simaherter, Tenun Harungguan Muara, Tenun Sadum Silindung, Tenun Ragi Idup Silindung. Berbagai jenis tenun tersebut masing-masing memiliki motif khas dengan proses yang khas pula yang ditenun oleh para penenun dari Desa Papande, Kecamatan Muara. 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Merek dan Indikasi Geografis Kurniaman Telaumbanua menyampaikan apresiasinya untuk Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara untuk bekerja sama dengan DJKI dalam melindungi kerajinan tenun tersebut. 

“Tenun ulos ini merupakan warisan budaya dalam aspek kekayaan intelektual (KI), hal ini bisa dilindungi melalui merek kolektif, Indikasi Geografis dan pencatatan KIK,” terang Kurniaman. 

Kurniaman optimis bahwa kain tenun ulos berpotensi untuk dapat dikenal di seluruh dunia apalagi kain tenun ulos tengah dilirik oleh rumah mode ternama dunia Christian Dior. 

Untuk itu ia berharap bahwa pertemuan ini akan dilanjutkan dengan terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara guna meningkatkan pelindungan KI sehingga Kain Tenus Ulos Tapanuli mampu berlenggang di kancah Dunia. (can/dit)



LIPUTAN TERKAIT

Halal Bihalal: Tradisi Positif Untuk Peningkatan Sinergi

Jakarta - Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) senantiasa menjunjung tinggi tata nilai Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI)

Kamis, 18 April 2024

DJKI Gelar Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di Lingkungan DJKI

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar kegiatan Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di lingkungan DJKI pada Selasa, 16 April 2024, di Aula Oemar Seno Adjie, Gedung Eks Sentra Mulia, Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

Jadikan Momentum Introspeksi dan Evaluasi Diri, Kemenkumham Gelar Apel dan Halal Bihalal Idulfitri 1445 Hijriah

Untuk mengawali kerja pasca libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar apel pagi sekaligus halal bihalal secara hybrid yang dilaksanakan pada Senin, 16 April 2024 di Lapangan Upacara Kemenkumham Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

Selengkapnya