Angel Anlee, Siswi SMP yang Mahir Membuat Robot Terima WIPO School Children's Medal

Jakarta - Angel Anlee, siswi SMP Tarakanita 2 Jakarta menerima Penghargaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia (WIPO Awards) yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada gelaran Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2022 pada Selasa, 26 April yang lalu.

Penghargaan yang diterima tersebut menambah sederetan penghargaan yang diterima siswi kelahiran 11 Juni 2007 di bidang programming dan robotic ini.

Sebelumnya, Angel pernah meraih Juara 1 Kids & Teen Hackathon Indosat Wireless Innovation Contest 2015, Juara Favorit Olimpiade TIK Nasional 2016, Juara IPA OSTARNAS Wilayah Jakarta 2017, Best Qualifier MakeX Robot Competition 2018, Juara 1 App Jamming Summit 2019 di Indonesia (semifinal), Most creative award App Jamming 2019 (final), menjadi pembicara di Tech Kid Grand Prix 2019 di Jepang, Juara 1 Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 (kategori pelajar), dan Juara 1 Mame 2021 BPMPK (kategori Umum).

Selain itu, baru-baru ini Angel juga berhasil menyabet Juara 1-14th National Young Inventor Award (NYIA) 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pada ajang tersebut, ia mencetak prestasi melalui robot ciptaannya yang dinamakan ROTA (Robot Tanaman). 

"ROTA adalah Robot Tanaman yang dapat mempermudah kerja manusia. ROTA bisa melakukan proses penyiraman tanaman sendiri," ujar Angel pada wawancara di Istana Wakil Presiden.

Ketertarikan Angel pada bidang programming dan robotic memang sudah diasah sejak kecil. Kemampuan tersebut pun dipelajari secara otodidak dengan pendampingan orang tuanya yang juga memang mahir dalam programming. 

Pencapaian-pencapaian Angel pun turut didukung oleh pihak sekolah, yaitu SMP Tarakanita 2 dengan menerapkan pembelajaran project-based learning dalam membantu pengembangan bakat para siswa. (SYL/CAN)


TAGS

#Menkumham

LIPUTAN TERKAIT

DJKI Gelar Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di Lingkungan DJKI

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar kegiatan Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di lingkungan DJKI pada Selasa, 16 April 2024, di Aula Oemar Seno Adjie, Gedung Eks Sentra Mulia, Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

Jadikan Momentum Introspeksi dan Evaluasi Diri, Kemenkumham Gelar Apel dan Halal Bihalal Idulfitri 1445 Hijriah

Untuk mengawali kerja pasca libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar apel pagi sekaligus halal bihalal secara hybrid yang dilaksanakan pada Senin, 16 April 2024 di Lapangan Upacara Kemenkumham Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

DJKI Rencana Selenggarakan Geographic Indication Forum Juni 2024

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM berupaya serius untuk meningkatkan pendaftaran produk indikasi geografis demi meningkatnya kesejahteraan ekonomi dari daerah. Sejalan dengan pencanangan Tahun Indikasi Geografis 2024, Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Kurniaman Telaumbanua menyatakan pihaknya berencana akan menyelenggarakan Geographic Indication Forum pada Juni 2024 di Jakarta.

Selasa, 2 April 2024

Selengkapnya