Angel Anlee, Siswi SMP yang Mahir Membuat Robot Terima WIPO School Children's Medal

Jakarta - Angel Anlee, siswi SMP Tarakanita 2 Jakarta menerima Penghargaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia (WIPO Awards) yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada gelaran Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2022 pada Selasa, 26 April yang lalu.

Penghargaan yang diterima tersebut menambah sederetan penghargaan yang diterima siswi kelahiran 11 Juni 2007 di bidang programming dan robotic ini.

Sebelumnya, Angel pernah meraih Juara 1 Kids & Teen Hackathon Indosat Wireless Innovation Contest 2015, Juara Favorit Olimpiade TIK Nasional 2016, Juara IPA OSTARNAS Wilayah Jakarta 2017, Best Qualifier MakeX Robot Competition 2018, Juara 1 App Jamming Summit 2019 di Indonesia (semifinal), Most creative award App Jamming 2019 (final), menjadi pembicara di Tech Kid Grand Prix 2019 di Jepang, Juara 1 Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 (kategori pelajar), dan Juara 1 Mame 2021 BPMPK (kategori Umum).

Selain itu, baru-baru ini Angel juga berhasil menyabet Juara 1-14th National Young Inventor Award (NYIA) 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pada ajang tersebut, ia mencetak prestasi melalui robot ciptaannya yang dinamakan ROTA (Robot Tanaman). 

"ROTA adalah Robot Tanaman yang dapat mempermudah kerja manusia. ROTA bisa melakukan proses penyiraman tanaman sendiri," ujar Angel pada wawancara di Istana Wakil Presiden.

Ketertarikan Angel pada bidang programming dan robotic memang sudah diasah sejak kecil. Kemampuan tersebut pun dipelajari secara otodidak dengan pendampingan orang tuanya yang juga memang mahir dalam programming. 

Pencapaian-pencapaian Angel pun turut didukung oleh pihak sekolah, yaitu SMP Tarakanita 2 dengan menerapkan pembelajaran project-based learning dalam membantu pengembangan bakat para siswa. (SYL/CAN)


TAGS

#Menkumham

LIPUTAN TERKAIT

Hasil Klasifikasi Permudah Telusuri Dokumen Paten

Melakukan klasifikasi dokumen paten yang masuk ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) merupakan salah satu tugas penting Direktorat Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST) dan Rahasia Dagang (RD).

9 Agustus 2022

Sekretaris DJKI Optimis POP HC Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta menggelar Diseminasi dan Promosi Hak Cipta pada Selasa, 9 Agustus 2022 di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan.

9 Agustus 2022

Informasi dan Penelusuran Paten, Langkah Awal Hindari Duplikasi Paten

Layanan penelusuran serta layanan informasi dan dokumentasi paten merupakan salah satu tugas dan fungsi dari Direktorat Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST) dan Rahasia Dagang (RD) Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

8 Agustus 2022

Selengkapnya