Info Terbaru: Berita Resmi Merek Seri-A No. 79/XII/A/2017, 80/XII/A/2017, 81/XII/A/2017   baca lebih lanjut

Workshop dan Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Isu-Isu Produk Farmasi Terkini

IMG 14351

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (kemenkumham) menggelar Workshop dan Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Isu-Isu Produk Farmasi Terkini Dalam Rangka Penyelesaian Permasalahan Substantif Paten di Bidang Farmasi, Senin (30/10).

Acara ini dihadiri 70 orang dari Kementerian, Lembaga, Akademisi dan Perusahaan Farmasi. Dalam sambutan pembukaan, Direktur Paten, DTLST dan Rahasia Dagang, Timbul Sinaga menyampaikan bahwa Perkembangan di bidang Farmasi baik terkait produk Teknologi yang digunakan serta regulasinya dalam beberapa dekade terakhir berkembang sangat pesat.

Salah satu perkembangan yang pesat terjadi di bidang Teknologi, dimana perkembangannya menghasilkan Inovasi baru yang berpotensi Paten, selain itu Industri Farmasi Tanah Air masih didominasi Industri Asing dan produk obat yang beredar masih didominasi Produk Asing.

Seperti kita ketahui kondisi terkait Teknologi di bidang Farmasi dan Alat Kesehatan sampai saat ini 95% bahan baku Farmasi Indonesia masih Impor dan sekitar 90% Alat Kesehatan masih Impor, Informasi ini kita dapat dari Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Linda Sitanggang Kementerian Kesehatan. Jadi pemerintah dalam hal ini Direktorat Paten, DTLST dan Rahasia Dagang sangat perihatin.

Maka dibuatlah regulasi terkait percepatan pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan  dengan Instruksi Presiden RI No. 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan, untuk mewujudkan kemandirian dan meningkatkan daya saing industri farmasi dan alat kesehatan dalam Negeri melalui percepatan pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan. (Humas DJKI, Oktober 2017)