Lomba Menghias Tumpeng 2012

Jakarta – dalam rangka memperingati hari lahirnya R.A Kartini sekaligus memperingati Hari Hak Kekayaan Intelektual ke-12 Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual menyelenggarakan Lomba Menghias Nasi Tumpeng di Aula Ditjen HKI pada hari Kamis (26/4). Lomba menghias tumpeng ini diikuti oleh perwakilan Dharma Wanita Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual serta di hadiri oleh Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Prof.Dr. Ahmad M.Ramli, SH.,MH.,FCArb, Dani H Kusumapraja, SH.,M.Hum, para pejabat eselon II dan pegawai Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual serta 4 orang juri diantaranya Ibu Yunizar Zen Purba, SH, Ibu Priharniwati, SH.,MH, Ibu Emma wati Yunus, SH.,MH dan Ibu Herdwiyatmi, SH.,MH.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Prof Dr. Ahmad M.Ramli, SH.,MH.,FCArb dengan didampingi oleh para pejabat eselon II Ditjen HKI.

“Acara ini menjadi unik karena bertepatan dengan memperingati Hari Lahirnya R.A Kartini dan memperingati Hari Kekayaan Intelektual sedunia tapi juga ada lomba tumpeng itu yang menjadi luar biasa karena tumpeng ini sendiri adalah tradisional knowledge, oleh karena itu kita coba akan mengangkat kearifan lokal untuk menjadi sesuatu yang bisa membanggakan di kelas dunia dan menyambut baik acara ini adalah kreatifitas yang baik bagi Dharma Wanita”, tutur Prof Dr. Ahmad M.Ramli,.SH.,MH.,FCBArb selaku Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.

Kriteria dalam Lomba Menghias Tumpeng ini adalah Keunikan bentuk dan keindahan nasi tumpeng, komposisi lauk dinilai dari keragaman lauk pauk yang disajikan, komposisi warna dan kandungan gizi, rasa lauk pauk dan keselarasan nasi tumpeng, kreatifitas penyajian dan keindahan komposisi lauk-pauk, kebersihan dan kekompakan kerja kelompok serta partisipasi tiap anggota kelompok.

Tiap peserta yang mengikuti Lomba Menghias Nasi Tumpeng ini menggunakan nama-nama pahlawan wanita seperti Nyi Ageng Serang, Cut Nyak Dien, HR.Rasuna Said, dan Dewi Sartika. Selain itu, kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual masih bertepatan dengan Hari Lahirnya R.A Kartini adalah Lomba Menyanyi. Pemenang Lomba Menyanyi Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual untuk peserta Pria diantaranya Musa Nababan, SH dari Direktorat Penyidikan, Wisnu Dwi Harsanto Reksodirdjo, ST.,MT dari Sekretariat, Endy Sepkendarsyah, S.Sn dari Direktorat Cipta sedangkan dari peserta Wanita diantaranya Isabella Anggreny, S.H dari Direktorat Kerjasama dan Promosi, Ida Nata Hot Dameriana R.S.,SH dari Direktorat Penyidikan, dan Morata Duma Lumban Raja, SS.,M.Si dari Direktorat Hak Cipta.

Mengakhiri kegiatan ini, Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Prof Dr. Ahmad M.Ramli SH.,MH.,FCBArb beserta ibu menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Menghias Nasi Tumpeng diantaranya Juara I Dharma Wanita Direktorat Paten, Juara 2 Dharma Wanita Direktorat Teknologi Informasi, Juara 3 Dharma Wanita Direktorat Penyidikan, Harapan I Dharma Wanita Direktorat Hak Cipta, DTLST, Rahasia Dagang dan Desain Industri, Harapan II Dharma Wanita Sekretariat, Harapan III Dharma Wanita Direktorat Kerjasama dan Promosi dan Harapan IV Dharma Wanita Direktorat Merek.

(Humas HKI-April 2012)